Alasan Penting Harus Mencuci Kaki Sebelum Masuk Rumah

Kaki adalah salah satu bagian tubuh yang paling aktif untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Permukaan yang diinjak dengan kaki dipenuhi dengan banyak bakteri. Satu gram tanah bersih pun mengandung satu miliar bakteri. Ini yang membuat kamu untuk tidak melupakan membersihkan bagian kaki.

Sebuah penelitian menemukan bahwa manusia rat-rata dapat memproduksi sekitar 38 juta sel bakteri ke lingkungan setiap satu jam. Ini belum termasuk populasi jamur yang hidup di kaki. Penelitian lain pun menemukan bahwa kaki bisa menjadi sarang hampir 80 dan 100 spesies jamur.

Bahaya yang didapatkan jika tidak mencuci kaki sebelum masuk rumah sama dengan ketika kamu tidak mencuci tangan setelah keluar dari toilet. Penyebaran kuman dan virus bisa berkembang pesat di lingkungan yang lembap seperti di dalam sepatu dan kaus kaki. Risiko terinfeksi virus dan bakteri semakin tinggi ketikda tidak mencuci kaki setelah keluar dari rumah.

Infeksi yang paling rentan menyerang kaki kotor dan lembap adalah infeksi jamur kuku, kadas, kurap, dan kutu air yang menyebar ke kulit di jari-jari kaki. Infeksi ini menyebabkan reaksi gatal, perih, dan reaksi lain yang membuat kaki tidak nyaman.

Ada baiknya untuk rutin mencuci kaki sebelum memasuki rumah, setelah melepas sepatu, dan juha sebelum tidur. Untuk mencucinya pun gunakna sabun dan air bersih, ini berfungsi untuk menurunkan penyebaran bakteri dengan maksimal. Mencuci kaki menggunakan sabun dapat mengurangi jumlah kuman hampir 3 kali lipat.

Selain membahas tips dan trik mudah membersihkan sepatu kanvas, bagi anda yang memiliki hobi bermain judi online, anda bisa bermain pada agen sbobet terpercaya seperti PandaSBONet. Keuntungan berlimpah hanya akan anda dapatkan pada situs ini, anda tidak akan menemukan keuntungan berlimpah tersebut pada situs lainnya.

 

 

Sumber :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-cuci-kaki-sebelum-masuk-rumah/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *