Betulkah Belerang Memiliki Manfaat untuk Menyembuhkan Jerawat?

Belerang memang memiliki bau yang tidak enak, namun jangan salah, belerang memiliki banyak manfaat dan salah satunya untuk menyembuhkan jerawat. Kandungan mineral dan bisa disebut sulfur inilah yang memiliki banyak khasiat.

Banyak produk kecantikan yang menggunakan belerang. Kandungan yang ada di dalam belerang mirip dengan benzoil peroksida dan asam salisilat. Namun tentuny kandungan dalam belerang bisa menghasilkan kulit yang lebih lembut.

Sulfur yang ada pada belerang bisa membantu menyumbat pori-pori, ini bisa mencegah timbul jerawat baru. Jerawat ringan dan komedo bisa dibasmi dengan belerang. Komedo ini muncul karena sel kulit mati dan produksi minyak berlebih, dan belerang bisa membasmi hal ini.

Tak hanya itu, papula dan pustula juga diketahui bisa disembuhkan dengan belerang. Papula dan pustule adalah jerawat yang ditimbulkan karena komedo yang meradang dan ukuran jerawat menjadi lebih besar. Sebuah penelitian pun menyebutkan bahwa sulfur memang bisa mengobati papula dan pustule walau tidak terlalu efektif.

Belerang memang cocok untuk orang yang memiliki kulit sensitif. Namun, jika kamu menggunakan belerang sebagai obat jerawat, kulit akan menjadi lebih kering dan rentan iritasi. Jika kamu baru mencoba menggunakan belerang sebagai obat jerawat, disarankan untuk menggunakannya sekali sehari. Namun jika sudah sering maka bisa digunakan dua sampai tiga kali.

Sumber :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/manfaat-belerang-untuk-jerawat/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *