Cara Ampuh untuk Mencegah Sakit Akibat Kehujanan

Banyak yang mengatakan jika kehujanan bisa membuat seseorang menjadi sakit. Ini karena air hujan yang mengandung banyak kuman dan juga bakteri. Biasanya juga kamu jika terkena hujan akan melanjutkan perjalanan, padahal itu bisa membuatmu semakin sakit.

Meski tujuanmu semakin cepat, namun tubuh yang kebasahan rentan membuatmu sakit seperti demam, flu, dan juga pilek. Walau kamu menggunakan payung pun, angina yang kencang bisa membuat tubuhmu basah kuyup.

Namun tahukah kamu, terdapat cara ampuh untuk mencegahmu sakit akibat kehujanan.

  1. Ganti baju. Baju yang basah akibat kehujanan dan tidak segera diganti bisa membuat suhu tubuhmu menurun. Suhu tubuh yang menurun ini bisa membuat sistem imun pada tubuhmu juga menurun. Penelitian juga menyebutkan bahwa rhinovirus bisa berkembang dengan baik pada suhu yang rendah dari 37 derajat Celcius (suhu tubuh seseorang yang kehujanan). Virus tersebut bisa menyebabkan infeksi di dalam rongga hidung, ini bisa menyebabkan sakit tenggorokan, hidung tersumbat, batuk, dan juga demam. Maka dari itu, segeralah ganti pakaianmu yang basah dengan pakaian yang kering.
  2. Mandi air hangat. Dengan mandi air hangat, ini bisa menghilangkan kuman yang menempel di tubuh akibat hujan. Mandi air hangat juga bisa membantumu menaikan suhu tubuh. Cukup mandi dengan durasi 10-15 menit saja, jangan lupa untuk keringkan tubuhmu.
  3. Gunakan baju hangat. Ketika hujan turun, suhu di ruangan juga akan ikut menurun. Otomatis suhu tubuhmu juga begitu. Jika suhu sudah menurun, ada baiknya jika kamu menggunakan baju hangat atau dengan bahan yang tebal. Pakaian ini bisa membuatmu hangat dan mencegah sakit setelah kehujanan.

Sumber :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/mencegah-sakit-pilek-setelah-kehujanan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *