Cara Memberi Dukungan Kepada Orang yang Mengalami Depresi

Setiap tahun, hampir ada saja artis yang memutuskan hidupnya untuk melakukan bunuh diri akibat depresi. Ini memberikan fakta bahwa depresi bukanlah penyakit yang bisa disepelekan. Dilansir dari Everyday Feminism, depresi bukanlah istilah yang menggambarkan perasaan sedih dan kecewa, namun lebih dari itu.

Depresi bisa diartikan sebagai penyakit fisik kronis, dimana gejalanya kadang tidak terlihat. Kadang, kita juga tidak menyadari bahwa orang di sekitar kita sedang mengalami depresi. Kemungkinan terburuk yang bisa terjadi akibat depresi adalah kematian.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memberikan dukungan kepada orang yang mengalami depresi.

  1. Jangan bilang mereka berlebihan. Dengan mengatakan mereka berlebihan, ini bisa membuat penderita depresi merasa semakin bersalah dan juga menambah kesedihan mereka. Daripada mengatakan kalimat yang menyakitkan, kamu bisa mengatakan kalimat lain seperti, “Aku bangga kamu bisa memerhatikan dirimu sendiri dan aku sangat menghargai usaha itu.”
  2. Jangan menyalahkan mereka jika mereka berpikiran negatif. Orang yang depresi akan lebih mudah mengeluarkan emosi negatif dari pada positif. Jika mereka sedang mengeluarkan energi negatif, maka ada baiknya berikan pujian. Atau jika tidak, biarkan mereka merasa lebih baik dulu bicara dengan mereka.
  3. Bantu mereka dengan melakukan perawatan kesehatan. Menjalani perawatan kesehatan bukanlah hal yang menyenangkan bagi para penderita depresi. Cukup berikan dukungan pada mereka untuk menjalani penyembuhan.
  4. Mengerti bahwa depresi bukan hanya sedih semata. Beberapa gejala seperti gangguan berpikir, kelelahan, dan juga gangguan tidur merupakan salah satu gejala umum yang paling sering dialami. Berikan pengertian pada mereka. Beberapa validasi juga perlu dilakukan untuk menangani gejala depresi.

Sumber :

https://www.popbela.com/relationship/single/dinalathifa/memberikan-dukungan-orang-depresi/full

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *