Fakta Mengenai Darah Manusia yang Tidak Kamu Ketahui

Darah merupakan cairan berwarna meraj yang membuat tubuh manusia bisa bekerja dengan normal. Tanpa adanya darah, maka organ di dalam tubuh tidak akan bisa bekerja dengan oprtimal. Di dalam tubuh, darah seperti alat transportasi yang bertugas untuk mengangkut nutrisi, hormon, dan juga banyak senyawa penting lainnya ke bagian tubuh yang membutuhkan.

Tak hanya itu, cairan ini juga bertugas untuk membawa zat sisa yang sudah tidak digunakan ke sistem ekresi atau pembuangan, termasuk ginjal, paru-paru, dan hati. Cairan yang ada pada darah jua membantu melawan kuman atau bakteri penyebab penyakit yang menyerang sistem imun.

Dilansir dari Livescience, seorang dokter spesialis hematologi dan kanker di University of Florida Cancer Center bernama Daniel Landau mengatakan bahwa tubuh orang dewasa sehat rata-rata memiliki 4-5 liter darah. Jadi ketika kehilangan 8-10 persen dari total berat badan, maka tubuh akan kehilangan sekitar 4-5 kilogram.

Terdapat fakta unik pada darah manusia, jumlah volume dalam tubuh orang dewasa dan anak-anak sebenarnya sama. Namun karena organ dalam tubuh anak relative lebih kecil, maka volume cairan yang mengisi tubuh mereka lebih banyak.

Cairan merah pada darah terbuat dari banyak komponen. Komponen ini memiliki fungsi masing-masing. Komponen penyusun ini seperti plasma darah, eritrosit, leukosit, dan juga trombosit. Yang unik lagi dari darah adalah, setiap orang memiliki golongan darah yang berbeda-beda. Ini karena didasari ada tidaknya antigen pada eritrosit dan cairan plasma. Antigen ini dikelompokan menjadi A, B, AB, dan O.

Selain membahas tips dan trik mudah membersihkan sepatu kanvas, bagi anda yang memiliki hobi bermain judi online, anda bisa bermain pada agen sbobet terpercaya seperti PandaSBONet. Keuntungan berlimpah hanya akan anda dapatkan pada situs ini, anda tidak akan menemukan keuntungan berlimpah tersebut pada situs lainnya.

 

Sumber :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/fakta-tentang-darah/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *