Jarang Mengganti Seprai Bisa Membuatmu Terjangkit Banyak Penyakit

Setelah membersihkan debu dan berbagai hal di rumah adalah hal yang patut untuk tidak dilewatkan. Namun bagai,mana dengan mengganti seprai dan sarung bantal? Hal ini pasti sering kamu lewatkan karena merasa belum waktunya untuk mengganti.

Seorang ahli laundry di Huffington Post bernama Mary Malowe menyatakan bahwa menunda mengganti seprai dalam janggka waktu yang lama bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Contohnya seperti infeksi luka, kurap, dan juga kutu air.

Alasan mengapa harus mengganti seprai adalah karena kain seprai bersentuhan langsung dengan kulit. Tubuh juga mengeluarkan cairan tubuh saat tidur, seperti keringat, dahak, minyak wajah, dan kotoran telinga. Kulit juga melepaskan sel kulit mati saat tidur. Ini menarik perhatian kutu dan tungau kasur. Inilah penyebab penyakit Lyme.

Bahaya penyakit dapat mengintaimu jika malas mengganti seprai. Kotoran tungau sarat dengan alergen ketika terhirup dapat menyebabkan masalah pernapasan jika memiliki alergi dan asma. Selain itu jugaspora jamur dan feses tungau bisa menyebabkan pneumonia dan Onychomycosis. Onychomycosis ini adalah infeksi jamur yang bisa mengakibatkan lesi kulit dan kuku rapuh.

Dibutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu bagi organisme berbahaya tersebut memunculkan efek buruk bagi kesehatan. Maka dari itu ada baiknya untuk mengganti seprai sebanyak seminggu sekali. Untuk mencucinya pun direkomendasikan untuk menggunakan air terpanas sesuai kain.

 

 

Sumber :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/penyakit-akibat-tak-ganti-seprai/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *