Kebiasaan Begadang Bisa Menyebabkan Jerawat?

Jerawat di wajah memang bisa muncul karena banyak faktor. Kemunculan jerawat yang ada di wajah juga bisa berbeda antara satu dan dua orang. Ada yang mudah terkena jerawat setelah makan tertentu, ada juga yang bisa terkena jerawat karena kebiasaan begadang.

Selain membuat kantung mata menghitam, banyak yang menduga bahwa begadang bisa membuat jerawat. Menurut National Sleep Foundation, kurang tidur karena begadang bisa memicu timbulnya jerawat di wajah. Seorang asisten dosen klinis dermatologi dari Suny Downstate Medical Center di New York, Jessica Krant, MD, MPH, juga menyetujui hal ini.

Dilansir dari Webmd, tingkat stress bisa meningkat hingga 14 persen setiap kali kurang tidur selama 1 jam. Semakin sering kamu begadang, maka semakin tinggi juga tingkat stress yang dimiliki. Stress bisa membuat hormonkortisol alias hormone stress. Hormon kortisol bisa memicu peradangan dan juga merusak struktur fungsi kulit.

Jessica Krant juga mengatakan bahwa kebiasaan tidur malam juga bisa memperparah timbulnya jerawat di wajah. Masalah kulit lainnya yang bisa muncul seperti eksim, dermatitis kontak, dan juga psoriasis.

Walau kamu harus terpaksa begadang, terdapat beberapa cara aman agar tidak tumbuh jerawat. Pertama, banyaklah minum banyak air putih, hindari makanan manis, cuci muka sebelum tidur, dan juga segeralah untuk tidur. Usahakan untuk tidak sering-sering begadang karena selain menimbulkan jerawat, begadang juga bisa merusak bagian tubuh lainnya.

 

Sumber :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/akibat-sering-begadang-bikin-jerawatan/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *