Ketahui Berapa Kali Harus Mencuci Muka Ketika Berjerawat

Seperti halnya dengan mandi, mencuci muka juga merupakan ritual yang tidak boleh dilewatkan. Seorang doketer kulit asal Arizona, Amerika Serikat, Dr. Jennifer Haley mengatakan bahwa menurutnya mencuci muka bukan hanya karena membersihkan dari bekas riasan make up dan kotoran lainnya.

Dengan mencuci muka, pilusi, debu, kotoran, dan minyak yang ada pada kulit wajha akan tersapu dengan sabun dan air. Selain itu juga mencuci muka dapat membantu mempersiapkan kulit untuk melakukan perawatan selanjutnya. Dengan kata lain, kegiatan ini bisa mendukung regenerasi dan peremajaan kulit wajah.

Lalu berapa kali harus mencuci muka ketika sedang berjerawat? Walau mencuci muka bisa membersihkan wajah dan kotoran, namun terlau sering mencuci muka saat berjerawat tidak disarankan. Kombinasi dari air dan sabun bisa menghilangkan lapisan minyak alami wajah (sebum). Akhirnya ini bisa membuat kuring menjadi kering dan teriritasi dan merespon kerusakan dengan memproduksi lebih banyak minyak.

Selain itu, mencuci wajah saat berjerawat juga bisa merusak lapisan asam kulit. Lapisan ini terdiri dari bakteri baik dan juga minyak alami yang bisa menjaga kulit tetap sehat. Jerawat memang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Berapa banyak harus mencuci muka juga sebenarnya tidak jauh dari aturan umum. Idealnya mencuci muka du akli sehari yaitu pagi dan malam hari sebelum tidur.

Disarankan juga untuk tidak menggunakan sabun yang memiliki kandungan bahan kimia keras saat berjerawat. Hindari juga sabun yang memiliki scrub karena butiran scrub bisa mengiritasi kulit. Gunakanlah sabun yang kaya akan pelembab.

 

 

Sumber :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/mencuci-muka-saat-berjerawat/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *