Ketahui Dampak Langsung Mandi Usai Berkeringat

Di saat matahari sedang terik-teriknya dan juga cuaca yang panas, biasanya ini membuat tubuhmu lengket, gerah, dan juga mudah berkeringat. Jika keadaan sudah begini, maka hal yang ingin kamu lakukan tentu saja pergi mandi dengan air dingin agar tubuh terasa segar kembali.

Namun, apakah boleh langsung mandi saat keadaan tubuh masih berkeringat? Banyak sekali mitos yang mengatakan bahwa mandi saat berkeringat bisa menyebabkan timbulnya bercak putih pada tubuh, atau bisa juga disebut dengan panu. Hal ini tidak bisa disebut benar.

Dilansir dari alodokter, keringat yang ada pada permukaan kulit akan bersatu dengan minyak dan juga kotoran, kondisi ini bisa membuat permukaan kulit menjadi lembap dan berbau tidak sedap. Kondisi ini juga sangat disukai oleh jamur yang menyebabkan panu.

Walau tidak menyebabkan panu, bukan berarti kamu bisa langsung mandi usai berkeringat. Ini karena saat kamu masih berkeringat, suhu tubuh masih tinggi dan pori-pori masih terbuka. Jika kamu langsung mandi, maka panas dalam tubuh tidak akan keluar, ini membuat pembuluh darah menjadi menyempit.

Tidak hanya itu saja, setelah mandi kamu pasti masih akan berkeringat. Karena jika tubuh dalam keadaan panas lalu disiram oleh air dingin, maka tubuh akan kaget. Ini bisa membuatmu demam. Ada baiknya jika kamu ingin mandi, tunggulah keringatmu untuk kering terlebih dahulu.

Sumber :

https://www.popbela.com/beauty/health/jennifer-a-tanjung/mandi-saat-berkeringat/full

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *