Ketahui Mengenai Perihal Mencuci Handuk Agar Tidak Menjadi Sarang Kuman

Kerap kali setelah handuk digunakan untuk mengeringban tubuh, lalu kita menggantungkannya begitu saja. Padahal hal tersebut tidak baik karena dapat menyebabkan handuk sebagai sumber bakteri dan juga membuat handuk menjadi lembap.

Seorang profesor klinis patologi dan mikro iologi bernama Philip Tierno, Ph.D dari NYU School of Medicine, menyatakan bahwa saat mandi, banyak kuman termasuk bakteri tidak sepenuhnya hilang dari tubuh, namun menempel pada handuk.

Seorang profesor mikrobiologi di University of Arizona Chuck Gerba, Ph.D, menyatakan bahwa bakteri di handuk akan terus bertambah hari demi hari setiap kali digunakan. Handuk yang baru saja digunakan bisa mengndung bakteri coliform 1.000 kali lebih banyak daripada handuk yang baru dibeli.

Jarang mencuci handuk bisa membuatmu mendapatkan penyakit infeksi yang bisa menyerang. Apalagi jika kamu memiliki luka terbuka. Maka dari itu alangkah baiknya jika sering mencuci handuk. Jika memungkinkan, maka gunakanlah air panas maka bunuhlah bakteri secara efektif.

Cucilah handuk tiga sampai empat kali penggunaan. Jika sehari kamu mandi dua kali sehari, maka ada baiknya cucilah handuk dua kali sehari. Apalagi jika kamu memiliki jerawat di punggung, kamu harus mengganti handuk setiap hari. Jika selesai digunakan juga jemurlah handuk di bawah terik matahari.

Sumber :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/seberapa-sering-harus-mencuci-handuk/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *