Manfaat Makan Secara Perlahan yang Perlu Kamu Ketahui

Makanan merupakan sumber dari energi manusia dan juga merupakan kebutuhan dasar manusia. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan makan secara perlahan, tetapi masih banyak dari kita yang makan secara terburu-buru. Ini bisa memberi dampak yang buruk bagi kesehatan.

Selain membuat lambung bekerja ekstra, makan dengan cepat juga membuat nutrisi dalam makanan tidak terserap dengan baik. Berikut beberapa manfaat makan secara perlahan yang perlu kamu ketahui.

  1. Nafsu makan menjadi berkurang. Otak manusia membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk memberikan isyarat bahwa tubuh mereka merasa kenyang. Ketika kita makan secara perlahan, maka kamu bisa memprediksi jumlah makanan yang masuk dalam tubuh.
  2. Pencernaan menjadi lancar. Makanan yang dikunyah secara perlahan otomatis akan memiliki tekstur yang halus dan akan mudah dicerna oleh usus. Ini membuat vitamin, mineral, dan juga zat penting lainnya mudah diserap tubuh.
  3. Mengontrol berat badan. Kita bisa mengatur porsi makan kita dengan cara makan secara perlahan. Karena ketika kita makan secara perlahan, kita akan cepat merasa kenyang. Dengan begitu porsi makan kita akan terjaga.
  4. Mencegah diabetes. Dengan terserapnya nutrisi dengan baik, maka lambung tidak perlu bekerja ekstra untuk menyerap nutrisi makanan. Penyerapan insulin pun akan berkurang dan kadar gula darah bisa terus terjaga.
  5. Menjaga kebersihan mulut. Makan secara perlahan juga memiliki manfaat seperti membantu menjaga tulang rongga mulut dan juga gigi agar tetap kuat dan sehat. Air liur yang diproduksi saat mengunyah akan membantu membersihkan bakteri dalam mulut. Ini bisa membuat penumpukan plak dan kerusakan gigi berkurang.

Sumber :

https://www.popbela.com/beauty/health/jennifer-a-tanjung/manfaat-makan-secara-perlahan/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *