Melakukan Hal ini Bisa Membuat Ginjalmu Semakin Sehat

Ginjal memiliki hari peringatan sendiri yang diperingati setiap tanggal 14 Maret. Peringatan ini mengingatkan kita bahwa ginjal merupakan salah satu organ yang penting, dan sudah pasti tugas kita untuk menjaga kesehatan ginjal kita sendiri.

Ginjal memiliki peran yang sangat penting, maka dari itu jika terdapat sedikit gangguan pada ginjal, ini bisa memperngaruhi sistem yang bekerja pada tubuh. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat ginjalmu semakin sehat.

  1. Mengkonsumsi makanan sehat. Penyakit ginjal baisanya dipengaruhi oleh penyakit yang terlebih dahulu muncul seperti tekana darah tinggi atau diabetes. Maka dari itu tubuh membutuhkan makanan sehat dengan komposisi gizi seimbang.
  2. Menjaga kestabilan kadar gula darah dan tekanan darah. Kerusakan ginjal bisa disemambakn karena komplikasi diabetes dan juga tekanan darah yang tinggi. Pnenting abgi penderita diabetes untuk memeriksa rutin kadar gula dalam darah.
  3. Kurangi konsumsi garam. Kamu juga perlu untuk menjaga konsumsi natrium agar tidak lebih dari 2300 mg seharu, ini juga bisa menurunkan resiko peningkatan darah. Ini bisa dilakukan dengan cara membatasi konsumsi fast-food.
  4. Perbanyak konsumsi air putih dan hindari merokok dan konsumsi alkohol. Banyak minum bisa membantu ginjal mengeluarkan natrium, urea, dan racun dari tubuh. Merokok juga bisa memperlambar aliran darah ke ginjal. Merokok juga bisa meningkatkan resiko kanker ginjal sekitar 50%.
  5. Hindari konsumsi rutin obat antinyeri. Obat anti nyeri golongan NSAID (Non-Steroid Antiinflamasi Disease) ini seperti ibuprofen, natrium dikofenal dan lain-lain. Konsumsi teratur bisa menyebabkan kerusakan ginjal.

Sumber :

https://vivahealth.co.id/article/detail/13412/menjaga-kesehatan-ginjal

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *