Putus Cinta Bisa Menyebabkan Beberapa Reaksi pada Tubuh

Saat kita sedang mengalami patah hati, biasanya kata-kata saja tidak bisa mewakilkan perasaan. Selain itu, emosi juga sulit terkontrol, kamu akan mudah marah. Kamu juga harus tahu, ternyata putus cinta bisa menyebabkan dampak yang besar bagi tubuhmu.

Simak artikel berikut untuk mengetahui efek dari putus cinta pada tubuh.

  1. Kecemasan dan gangguan tidur. Dua orang dalam sebuah hubungan biasanya memiliki rasa ketergantungan pada pasangan. Selain itu juga akan muncul rasa saling membutuhkan, dan ketika hubungan itu berakhir perasaan pasti akan terasa tersakiti. Perasaan inilah yang menimbulkan kecemasan. Studi ilmiah juga menyatakan bahwa rasa sakit ketika berpisah bisa mengaktifkan bagian otak yang sama dengan kecanduan kokain.
  2. Sesak di dada. Studi ilmiah mengatakan bahwa ketika terjadi sebuah perpisahan, maka manusia menerima sinyal yang efeknya sama dengan sakit fisik yang sebenarnya. Sinyal yang dikirim ini sama efeknya seperti ketika kamu menumpahkan air panas pada kulit atau terkena luka bakar. Perasaan tidak nyaman ini akhirnya bisa menimbulkan sesak pada dada.
  3. Masalah kulit. Seseorang yang mengalami patah hati biasanya akan selalu mengalami masalah kulit seperti berjerawat. Hal ini lantaran orang tersebut tidak memperhatikan dirinya sendiri dan juga berkat hormon stres.
  4. Otot terasa pegal. Keadaan tertekan dan juga stres bisa membuat seseorang mudah merasakan pegal-pegal. Stres karena patah hati juga bisa menimbulkan kejang otot yang saling berkontraksi dan menyebabkan rasa nyeri di sekujur tubuh.
  5. Hilangnya nafsu bahkan atau berat badan naik secara drastis. Hilangnya nafsu makan ini disebabkan oleh sel-sel pada tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin, ini bisa mempercepat akumulasi lemak. Berat badan yang naik ini biasanya dikaitkan dengan insomnia dan juga kurangnya olahraga.

Sumber :

https://www.popbela.com/beauty/health/bela1/reaksi-tubuh-saat-putus-cinta/full

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *