Waspada Duduk Terlalu Lama Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Sebagai pekerja kantoran, maka duduk selama sembilan jam di depan layar komputer setiap hari merupakan rutinitas yang tidak bisa kamu hindari. Selama sembilan jam biasanya kamu akan duduk sambil mengerjakan deadline yang menumpuk.

Tahukah kamu jika duduk terlalu lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan, berikut simak penjelasan di bawah ini.

  1. Meningkatnya kadar kolestrol. Duduk terlalu lama bisa menganggu metabolism tubuh yang bisa mengakibatkan kadar trigliserida plasma. Ini bisa menyebabkan kadar kolestrol tubuh menjadi meningkat.
  2. Otot tubuh menjadi kaku dan juga pegal. Duduk terlalu lama membuat rubuhmu jarang bergerak. Ini bisa membuat otot tubuhmu menjadi pegal.
  3. Dapat memicu obesitas. Ketika duduk terlalu am, metabolism tubuhmu akan terhambat dan ini bisa memicu masalah pada kesehatan lainnya seperti obesitas.
  4. Menurunnya kemampuan otak. Otak tidak bisa mendapatkan asupan darah serta oksigen yang cukup saat duduk. Saat otak tidak mendapatkan kedua asupan itu, fungsinya akan ikut menurun dan ini bisa membuat kamu tidak fokus.
  5. Postur tubuh memburuk. Posisi duduk yang sama terus menerus bisa menyebabkan tekanan pada tulang belkang. Ini bisa membuat punggung jadi mudah sakit dan jug bisa menjadi salah satu postur tubuh yang buruk.
  6. Sistem pencernaan terganggu. Biasanya setelah makan siang, pasti kamu akan kembali pada posisi duduk dan kembali bekerja. Sebaiknya kebiasaan ini tidak terus kamu lanjutkan, ini bisa menyebabkan perut tertekan dan menganggu sistem pencernaan.
  7. Beresiko tinggi terkena kanker. Tubuh yang kurang aktif bergerak memiliki kecenderungan tinggi terkena kanker. Berbeda dengan tubuh yang sedang aktif, tubuh yang aktif akan menghasilkan zat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas seperti sel kanker. Berbeda dengan hanya duduk,

 

Sumber :

https://www.popbela.com/beauty/health/jennifer-a-tanjung/dampak-buruk-duduk-terlalu-lama/full

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *