Waspada ini Beberapa Tanda Tubuh Kekurangan Gizi

Zaman dahulu, biasanya kekurangan gizi terjadi di lingkungan desa atau daerah yang memiliki kekurangan akses. Namun, pada zaman sekarang kekurangan gizi juga bisa ditemui di berbagai perkotaan besar. Ini karena pola makan dengan komposisi gizi yang tidak seimbang dan juga diet berlebihan.

Tujuan makan bukanlah hanya untuk mengatasi rasa lapar dan juga hanya merasakan cita rasa, namun tujuan makan adalah untuk memenuhi kebutuhan gizi dan juga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketahui beberapa gejala jika tubuh sudah mulai kekurangan nutrisi.

  1. Tubuh mudah lelah. Merasa tidak memiliki tenaga sepanjang hari bisa menjadi salah satu kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh seperti zat besi dan juga kalori. Kekurangan asupan mineral bisa menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah atau anemia. Kalori dibutuhkan tubuh untuk memiliki energi. Satu hari tubuh minimal membutuhkan 1000 kalori untuk menjalankan fungsi dasar.
  2. Rambut rontok. Mengalami rambut rontok sebenarnya hal yang wajar, namun jika jumlah kerontokan meningkat, ini bisa jadi karena kurangnya asupan kalori, protein, biotin, zat besi, dan nutrisi lainnya.
  3. Kuku mudah rapuh. Hal ini biasanya terjadi pada jari telunjuk maupun jari tengah. Ini terjadu karena tubuhmu kekurangan zat besi, protein, kalsium, vitamin A, B6, C, dan juga D.
  4. Gangguan pada daerah gigi.

Sumber :

https://vivahealth.co.id/article/detail/13418/tanda-tubuh-kekurangan-gizi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *