Waspadai Jenis jenis Kanker yang Sulit untuk dideteksi

Kanker merupakan jenis penyakit mematikan yang bisa membunuh seseorang secara perlahan. Banyak yang baru mengetahui bahwa mereka mengidap kanker setelah berada di stadium lanjut. Biasanya di stadium lanjut, kanker juga sudah menyebar ke organ lain sehingga semakin mematikan.

Kunci utama untuk meningkatkan harapan hidup adalah dengan mendeteksi kanker sedini mungkin. Berikut beberapa jenis kanker yang perlu diwaspadai.

  1. Kanker paru-paru. Ternyata bukan hanya perokok yang bisa memiliki resiko mengalami penyakit ini. Menurut David Ross Camidge, M.D., Ph.D., seorang professor peneliti onkologi medis dan kanker paru-paru di University of Colorado Cancer Center, selain rokok, gas radon di udara bisa menjadi penyebab kanker paru-paru. Penderita juga biasanya baru menyadari saat kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya, karena paru-paru yang isinya kebanyakan udara.
  2. Kanker pankreas. Gejala yang biasanya dialami adalah sakit punggung, kehilangan berat badan, nafsu makan berkurang, dan juga mual yang tidak spesifik. Dilansir dari Men’s Health, penderita biasanya baru merasakan tubuhnya gak beres saat kanker sudah menyebar ke hati. Ini bisa mengakibatkan kulit dan juga mata yang menguning.
  3. Kanker hati. Kanker ini sulit dideteksi karena hati memiliki lokasi yang tertutup dengan tulang rusuk. Menurut American Cancer Society (ACS), Cuma 20% penderita yang bisa selamat setelah lima tahun berjuang melawan kanker.
  4. Kanker ovarium. Menurut Joe O’Connel, wakil presiden dari bagian onkologi dan hematologi di Ventiv Health, kebanyakan kanker ovarium baru terdeteksi ketika sudah mencapai stadium 3 atau 4.
  5. Kanker usus besar. Menurut ACS, kanker usus besar bisa menjadi penyebab kematian paling banyak kedua. Dan biasanya kanker ini baru terdeteksi saat penderita mencapai umur 50 tahun.

Sumber :

https://www.hipwee.com/feature/ini-5-jenis-kanker-yang-sulit-dideteksi-salah-satunya-kanker-paru-paru-jarang-terdeteksi-dini/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *