Ketahui Kebenaran dari Mitos Mengenai Tidur

Tidur adalah salah satu aktivitas wajib yang harus dilakukan oleh manusia. Ketika tidur, otak dan tubuh kita akan beristirahat sejenak. Dengan tidur, maka saat bangun tubuh akan kembali berenergi dan juga segar. Saat tidur juga sel akan teregenerasi.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, maka cobalah untuk menyimak kebenaran dari mitos yang ada mengenai tidur.

  1. Alkohol membuat tidur lebih nyenyak. Beberapa orang menganggap bahwa meminum alkohol bisa menjadi salah satu obat tidur yang baik. Minuman beralkohol seperti anggur bisa mnecegah tubuh untuk memproduksi melatonin yang merupakan zat penting untuk tidur berkualitas.
  2. Bisa ‘membayar’ hutang tidur saat Hal ini tidak terbukti, karena mengganti sleep depriviation atau kurangnya waktu tidur dengan menggantinya selama satu atau dua hari tidak akan mengganti kebutuhan tidurmu.
  3. Minum kopi di siang hari tidak akan membuat sulit tidur. Meminum kopi di siang hari, ternyata bisa membuta kita terjaga semalaman. Hal ini karena tubuh membutuhkan waktu sekitar tujuh jam untuk memecah zat kafein dalam tubuh.
  4. Makanan berkarbohidrat tinggi membuat tidur nyenyak. Makanan berkarbohidrat memang bisa menyebabkan kantuk, namun makanan berkarbohidrat tinggi nyatanya tidak baik bagi tubuh. Dan jika makanan berat dimakan saat tidur, bisa meningkatkan suhu tubuh yang bisa mengganggu sistem pencernaan.
  5. Mendengkur tidak berbahaya. Fakta menyebutkan bahwa mendengkur bisa menjadi salah satu gejala dari obstructive sleep apnea (OSA). OSA ini bisa mengganggu sistem pernapasan saat tidur dan juga bisa membuatmu terbangun secara mendadak. Dalam jangka panjang juga bisa menimbulkan penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, dan juga risiko terkena penyakit jantung.
  6. Tidur yang baik adalah 8 jam sehari. Nyatanya, tidak semua orang membutuhkan waktu selama 8 jam untuk memenuhi kebutuhan tidur harian. Beberapa orang ada yang membutuhkan kurang dari 8 jam, dan ada juga yang lebih.
  7. Ruangan yang hangat membuat kamu tertidur. Menurut National Sleep Foundation, temperature ideal untuk tidur adalah sekitar 24 derajat celcius. Temperature ini bisa membuat suhu tubuh menurun dan siklus tidur juga menjadi lebih mudah.

Sumber :

https://www.popbela.com/beauty/health/jennifer-a-tanjung/mitos-tentang-tidur/full

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *