Bahaya Tidur Sehabis Makan yang Perlu Kamu Ketahui

Makan merupakan salah satu aktivitas yang selalu dilakukan dan tidak bisa lepas dari kehidupan makhluk hidup. Makan memang dibutuhkan untuk menambah energi untuk melakukan aktivitas lainnya. Tak jarang, sehabis makan, setiap orang akan merasakan kantuk yang luar biasa.

Walau dirasa nyenyak jika tidur sehabis makan, namun ternyata banyak dampak berbahaya yang perlu kamu ketahui akibat tidur setelah makan. Dampak buruk ini sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuhmu. Maka perhatikanlah beberapa bahaya tidur yang perlu kamu ketahui.

Dampak buruk pertama adalah naiknya berat badan. Tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan yang sudah dikonsumsi. Jika kamu langsung tidur, maka janganlah kaget ketika berat badan naik karena tubuh tidak mencerna makanan dengan baik. Penumpukan lemak juga menjadi dampak buruk selanjutnya. Penumpukan ini bisa terjadi di beberapa bagain seperti paha, perut, lengan, dan juga bagian lain.

Dampak lainnya adalah pencernaan menjadi terganggu. Ini karena makanan yang kamu makan tidak masuk ke dalam lambung dengan benar. Kamu akan merasakan mual yang tidak tertahankan. Maka ada baiknya untuk duduk sebentar terlebih dahulu hingga makanan dapat tercerna dengan baik. Risiko besar mengalami penyakit maag juga dapat terjadi karena jika kamu tidur setelah makan, asam lambung otomatis akan naik.

Resiko penyakit lainnya yang muncul adalah diabetes, penyakit jantung, dan juga bisa menyebabkan stroke. Tidur setelah makan bisa meningkatkan kadar gula yang bisa menyebabkan diabetes. Penyakit jantung juga dipicu karena penumpukan lemak yang ada pada pembuluh darah. Penelitian mengungkapkan bahwa tidur setelah makan bisa meningkatkan refluks asam yang akan naik ke bagian dada sehingga menyebabkan rasa sesak yang luar biasa dan dapat menyebabkan stroke.

Sumber :

https://www.popbela.com/beauty/health/vidya-tarigan/bahaya-tidur-setelah-makan/full