Berbagai Macam Manfaat Kacang Hijau Untuk Tubuh

Kacang hijau dalam Bahasa Latin bernama Vigna radiata yang termasuk dalam golongan kacang-kacangan. Kacang hijau berasal dari India lalu menyebar ke China dan Asia Tenggara.

Selain memiliki rasa yang enak, kacang hijau juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Kacang hijau merupakan sumber protein nabati yang mengandung tinggi asalm amino esensial seperti phenylalanine, leucine, isoleucine, valine, lysine, arginine, dan masih banyak lagi.

Dalam 202 gram kacang hijau yang telah direbus mengandung 212 kalori, 0.8 gram lemak, 14.2 gram protein, 38.7 gram karbohidrat, 15.4 gram serat, folat: 80% RDI (Reference Daily Intake), Mangan: 30% RDI, Magnesium: 24% RDI, Viramin B1: 22% RDI, Fosfor: 20% RDI, Besi: 16% RDI, Kalium: 15% RDI, Zinc: 11% RDI, dan juga mengandung B2, B3, B5, B6, dan selenium.

Kacang hijau juga mengandung antioksidan seperti asam fenolik, flavonoid, caffeic acid, asam sinamat dan kandungan lainnya yang bisa menetralkan radikal bebas. Selain itu, kacang hijau juga mengandung antioxidant vitexin dan isovitexin dan menurut penelitian ini bisa melindungi sel dari radikal bebas.

Kacang hijau juga bisa menurunkan tekanan darah karena memiliki sumber kalium, magnesium dan serat yang bagus. Kacang hijau juga mengandung serat larut yang disebut pectin yang bisa membantu menjaga kesehatan usus. Kacang hijau juga bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil. Untuk ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan kaya folat yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil karena sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak agar optimal.

Sumber :

https://vivahealth.co.id/article/detail/13398/banyak-manfaat-kacang-hijau-untuk-tubuh