Berbuka Puasa Langsung dengan Makan Nasi Apakah Boleh?

Saat berbuka puasa, kebanyakan dari kita dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis-manis entah itu kurma maupun teh manis. Namun budaya makan nasi di Indonesia membuat banyak orang-orang di Indonesia melahap nasi secara langsung. Namun apakah hal ini sehat?

Dilansir dari Detik Health, dr. Retno Pangastuti, DCN, M.Kes., seorang nutrisionis dari RSUP Dr. Sardjito menjelaskan bahwa boleh saja langsung memakan nasi, namun jangan dengan porsi besar. Konsumsi nasi dengan porsi besar dapat mengganggu pencernaan. Perut yang kosong lebih dari 12 jam akan kaget karena harus langsung bekerja keras mencerna nasi.

Dr Andry Hartono, SpGK dari RS Panti Rapih juga menyetujui pernyataan tersebut. Buka puasa langsung makan sesuatu yang berat bisa menyebabkan kadar gula darah yang naik drastis, ini bisa memicu terjadinya resistensi insulin (faktor utama penyakit diabetes).  Darah dalam tubuh juga akan langsung menuju saluran cerna sehingga otak akan kekurangan oksigen dan glukosa.

British Nutrition Foundation mengatakan bahwa terdapat beberapa opsi pilihan makanan untuk berbuka puasa yang lebih menyehatkan tubuh. Air mineral, jus buah, dan sup sayur aadalah makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pertama kali saat berbuka. Selain itu juga buah kurma yang manis dan karbohidrat sederhana yang mudah dicerna, mengandung gula cukup, dan energi yang bisa memulihkan nutrisi di dalam tubuh.

Selain terdapat makanan yang perlu dikonsumsi, kamu juga perlu mengetahui makanan yang perlu untuk dihindari. Makanan yang perlu dihindari adalah makanan yang mengandung lemak seperti gorenganbdan makanan manis.  Makanan berkalori tinggi bisa menyebabkan penambahan berat badan saat bulan Ramadan.

Sumber :