Berenang Menggunakan Softlens Apakah Aman?

Banyak orang yang merasa malas untuk membuka lensa kontaknya ketika akan berenang. Bahkan tak jarang banyak orang yang menggunakan softlens sambil berenang. Namun apakah berenang menggunakan softlens aman? Simaklah artikel berikut.

Menurut Food and Drugs Administration (FDA) di Amerika Serikat, atau setara dengan Badan POM di Indonesia, menggunakan lensa kontak saat berenang bisa berbahaya bagi mata. Ini bisa menyebabkan mata infeksi sampai kebutaan.

Seorang optimetris dari University of Utah Health, Timothy Gibbons, berperndapat bahwa infeksi dan masalah pada mata bisa terjadi karena beberapa alasan. Alasan pertama adalah masih adanya bakteri dan juga pathogen pada kolam renang. Walau kolam renang mengandung klorin, namun terkadang bakteri tidak bisa terbunuh begitu saja. Lensa kontak yang digunakan di air juga akan terasa lebih kencang dan kembali menyebabkan iritasi.

Penggunaan softlens saat berenang juga bisa menyebabkan penyakit keratitis. Bakteri ini bernama Acanthamoeba yang bisa hidup di air danau, laut, bahkan air keran. Bakteri ini menginfeksi korena ketika menempel di lensa kontak. Ini bisa menyebabkan kebutaan. Kamu juga bisa terkena infeksi pseudomonas, yang mana bisa menyebabkan kebutaan. Pseudomonas mudah menempel pada lensa, sehingga disarankan untuk tidak memakainya saat berenang.

Jika kamu terpaksa untuk berenang dengan menggunakan softlens, maka lakukanlah beberapa tips agar matamu tetap aman dari iritasi. Pertama tetaplah gunakan kacamata renang. Selain itu, jagalah mata agar tetap kering dan pilih gerakan renang yang tidak mengharuskan kamu menyelam (gaya punggung). Gantilah lensa kontak secepatnya setelah kamu berenang. Jika yang kamu gunakan adalah softlens yang bisa digunakan beberapa kali, maka pastikan untuk mencucinya saat itu juga.

Sumber :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/berenang-pakai-softlens/