Bukan Masalah Kulit Biasa Masalah Kulit ini Bisa Sebabkan Rambut Rontok Hingga Parah

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya rambut rontok. Jika jumlahnya hanya beberapa helai, maka ini masih bisa dianggap wajar. Namun terkadang rambut rontok yang sangat banyak bisa mengganggu penampilan.

Penyebab rambut rontok ini beragam seperti karena kebiasaan keramas yang tidak tepat, tidak cocok dengan produk rambut yang digunakan, dan juga karena gangguan kulit kepala. Namun biasanya rambut rontok yang cukup parah disebabkan oleh masalah kulit kepala.

Masalah kulit kepala yang mengakibatkan rambut menipis ini terdapat banyak jenisnya. Salah satunya adalah psoriasis kulit kepala. Masalah ini juga dapat terjadi pada dahi, bagian belakang leher, kepala, bahkan belakang telinga. Gejalanya seperti gatal hingga kulit menjadi berdarah, dan kulit kepala yang kering hingga mengelupas.

Jika kulit kepala terasa bersisik dan pitak, maka ini bisa jadi disebabkan oleh gangguan tinea kapiti (infeksi jamur atau kurap). Jamur ini menyebabkan benjolan merah dan bercak hitam yang ada di kulit kepala. Jika kulit kepala dirasa gatal begitu parah, maka bisa jadi karena liken simpleks. Ini karena iritasi kulit kepala dan gatal yang tiada henti. Gangguan ini adalah penyebab rambut rontok sangat parah.

Terdapat gangguan lain yang bernama lichen planus. Walau jarang terjadi, namun masalah kulit ini bisa menyebabkan kerontokan parah. Tanda gangguan ini adalah kulit kepala iritasi dan kemerahan. Menurut AAD (American Academy of Dermatology) penyebab utama gangguan ini adalah karena penyakit autoimun, walau demikian hingga sekarang pun belum diketahui secara pasti.

Sumber :