Cara Diet Anak Kos yang Murah dan Juga Menyehatkan

Sebagai anak kos, pasti banyak kendala jika ingin mengatur pola makan agar hidup lebih sehat. Apalagi jika ingin melakukan diet. Kebanyakan anak kos bahkan tidak peduli dengan pola makan mereka sendiri. Padahal anak kos pun justru butuh makanan yang bernutrisi agar tidak mudah jatuh sakit.

Berikut terdapat beberapa cara diet anak kos yang murah dan juga menyehatkan agar pola makan menjadi lebih baik.

  1. Sarapan pagi. Sebagian besar orang mengira bahwa sarapan pagi bisa digabung sekaligus dengan porsi makan siang. Padahal perut perlu sarapan karena sebelumnya kosong akibat puasa semalaman (tidak makan sama sekali). Sarapan bisa membuatmu lebih fokus dan juga bertenaga untuk memulai aktivitas.
  2. Perbanyak minum air putih. Padatnya aktivitas secara tidak langsung bisa membuat tubuhmu kekurangan cairan. Gejala yang biasanya terjadi seperti cepat lelah dan juga sulit konsentrasi. Jika kamu termasuk orang yang senang minuman manis, maka dari sekarang ada baiknya untuk menggantinya dengan air putih. Minuman manis biasanya memiliki kalori yang lebih banyak. Jika kamu tidak terlalu suka minum air putih, maka kamu bisa mencoba infused water.
  3. Membawa camilan sehat. Walau tidak ada makanan di dalam perut, tetapi perut akan terus mencerna dan juga bekerja. Inilah yang membuat perutmu berbunyi (keroncongan). Supaya kamu tidak merasa kelaparan di tengah aktivitas, siapkanlah camilan sehat. Kamu bisa membawa yogurt, smoothie, atau buah-buahan segar.
  4. Hindari makanan fastfood. Rencana diet ala anak kos bisa gagal total jika kamu masih mengonsumsi makanan cepat saji. Makanan fast-food mengandung lemak dan juga kolesterol tinggi. Kamu bisa menggantinya dengan makanan cepat saji ala tradisional seperti gado-gado ataupun salad. Jika ingin menambah protein, kamu bisa menambah tempe maupun tahu.
  5. Olahraga rutin. Kamu tidak perlu mahal-mahal berolahraga di gym. Kamu bisa berolahraga dimana saja dan kapan saja. Contohnya seperti berjalan kaki atau jogging di area kos. Usahakanlah untuk berolahraga rutin setidaknya 30 menit dalam sehari.

Sumber :