Cara Jitu Mengembalikan Konsentrasi Akibat Kewalahan Kerja

Banyaknya tumpukan pekerjaan di kantor bisa membuatmu mendadak hilang fokus di tengah aktivitas yang sedang dijalani. Hilangnya konsentrasi ini bisa membuat produktivitasmu menurun karena stres bisa membuatmu sulit untuk berpikir jernih.

Ketika stres, otak lebih cenderung memikirkan masalah ketimbang mencari solusi. Ketika otak dipaksa bekerja terus menerus, ini membuat energi otak akan berangsur habis. Terdapat beberapa cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan konsentrasi akibat kewalahan kerja.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat meja kantormu senyaman mungkin. Buatlah meja kantormu nyaman sehingga dirimu bisa termotivasi. Kamu bisa memasnag foto keluarga, teman, pasangan, menempelkan kata-kata penuh inspiratif, atau menaruh tanaman segar di meja. Ini bisa membuatmu lebih berkonsentrasi dan mengurangi stres.

Langkah lainnya adalah pastikanlah kamu memiliki waktu tidur yang cukup. Kekurangan waktu tidur bisa menjadi faktor membuatmu sulit berkonsentrasi. Tidurlah dengan lampu yang gelap dan hindari meletakkan gadget di samping tempat tidur.

Jangan lupakan untuk melakukan peregangan secara rutin di kantor. Selama beberap jam menatap layar komputer, maka lakukanlah peregangan sederhana supaya mata dan otot-otot anda rileks. Gerakan juga bagian kaki, bahu, kepala, dan tangan supaya sirkulasi darah di area tersebut menjadi lancar.  Asah juga otakmu setiap harinya. Ini dilakukan untuk mengurangi penurunan fungsi kognitif otak. Kamu bisa melakukan beberapa cara seperti menulis, bermain catur, maupun mengisi teka-teki silang.

Sumber :