Cara Menjaga dan Membersihkan Paru-paru dari Debu dan Zat Polusi

Secara tidak sadar, paru-parumu selama ini telah dinodai oleh polusi, asap kendaraan, hingga asap rokok. Udara tercemar tersebut secara tidak langsung sudah merusak sistem pernapasan dan juga menimbulkan berbagai masalah mulai dari asma dan juga kanker paru.

Walau memiliki sistem untuk membersihkan diri ada baiknya kalau kamu membantu paru-parumu untuk tetap bersih. Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan ventilasi yang ada di rumah. Ventilasi juga mengandung serangkaian bakteri yang bisa menerobos rumah jika tidak pernah diganti. Ada baiknya untuk mengganti ventilasi selama 6 bulan sekali.

Setelah ventilasi dirasa bersih, kamu bisa menggunakan air purifier untuk membersihkan udara di sekitar ruanganmu. Ini juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas udara yang ada di rumah. Cara ini baik untuk membersihkan paru-paru. Makanan yang kamu konsumsi juga berperan penting untuk kesehatan paru-paru. Perbanyaklah minum air lemon, konsumsi vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

Kamu juga bisa melakukan kebiasaan aktivitas di luar ruangan, namun hindari juga asap rokok atau pembakaran sampah jika sedang melakukan aktivitas di luar. Mengontrol batuk juga bisa kamu pertimbangkan. Caranya cukup mudah dengan duduk tegap dan menapakkan kaki di lantai, lipat lengan di atas perut, ambil dan buang napas secara perlahan, lalu usahakanlah untuk batuk 2-3 kali.

Selain itu, kamu juga perlu untuk menghindari kebiasaan merokok. Merokok merupakan aktivitas yang paling banyak menyumbang zat berbahaya dalam paru-paru. Tidak hanya perokok, dampaknya juga bisa mengenai orang yang ada di dekatnya. Dengan tidak merokok pun bisa membuat organ pernapasan lebih ringan karena bersih dari lendir.

Sumber :