Cara Mudah Meningkatkan Kekebalan Tubuh Saat Puasa

Saat berpuasa, tubuh biasanya akan melemas dan tidak bersemangat. Ini disebabkan oleh menurunnya asupan makananan dan minuman. Namun lemas saat puasa bukan menjadi alasan untuk tidak aktif. Terdapat beberapa cara mudah yang bisa langsung kamu coba untuk meningkatkan kekebalan tubuh saat puasa.

Cara pertama yang perlu kamu perhatikan adalah jam tidur, pastikan kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup. Kurang tidur akan meningkatkan hormon kortisol, yaitu hormon stress. Dengan meningkatnya hormon kortisol ini bisa memicu reaksi peradangan dalam tubuh dan menekan fungsi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Walau saat puasa kamu mungkin kesulitan melakukannya karena haus bangun sahur, kamu bsa mengakalinya dengan mengatur jadwal tidur dan bangun saat puasa. Tidulah lebih teratur agar tubuh bisa menjaga kesehatan tubuh. Cara lainnya adalah dengan memenuhi nutrisi penting saat puasa. Selain karbohidrat perbanyaklah konsumsi vitamin C dan zinc. Vitamin C adalah vitamin yang penting untuk daya tahan tubuh, sedangkan zinc adalah salah satu mineral yang penting untuk membangun sistem kekebalan tubuh.

Hal lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga pola olahraga teratur. Kamu bisa melakukannya saat sore hari sebelum waktu berbuka atau setelah berbuka puasa. Cobalah olahraga ringan seperti berjalan kaki setiap hari sekitar 30 menit. Olahraga juga bisa membantumu tidur lebih nyenyak.

Cara mudah yang terakhir adalah mengelola stress, sama dengan kurang tidur, stress juga menyebabkan meningkatnya hormon kortisol yang dapat menghambat kerja sistem kekebalan tubuh. Stress merupakan hal yang wajar, namun kamu harus bisa mengelolanya dengan baik dan jangan sampai berlarut-larut agar tidak mudah sakit saat berpuasa.  

Sumber :