Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung Selama Berpuasa

Tidak terasa, saat ini kita sudah memasuki bulan puasa di tahun 2019. Di awal-awal berpuasa, biasanya kamu memiliki rasa ingin ‘balas dendam’ ketika berbuka. Padahal inti dari berpuasa adalah belajar menahan hawa nafsu termasuk nafsu makan. Saat berbuka kamu harus tetap bijak memilih makanan yang baik untuk organ tubuh, terutama jantung.

Cara tepat untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan memilih bahan makanan yang seimbang. Untu protein sendiri, ada baiknya untuk mengonsumsi ikan yang kaya akan Omega 3 (salmon, tuna, dan makarel). Untuk sayuran, pilihlah yang berwarna merah, kuning, dan oranye  seperti wortel, kentang, paprika merah yang mengandung carotenoids, serat, dan vitamin yang baik untuk jantung.

Untuk buah-buahan, kamu bisa mengonsumsi dari keluarga berry seperti strawberry, cranberry, dan blueberry. Ini karena mereka mengandung fitonutrien dan serat yang baik untuk jantung. Selain itu pilihlah buah seperti jeruk dan pepaya yang mengandung beta-karoten, potassium, magnesium, dan serat.

Selain makanan, kamu juga perlu menjaga kadar cairan tubuh. Kekurangan cairan tubuh bisa membuatmu tubuhmu dehidrasi, pusing kepala, konstipasi, dan menurunkan tekanan darah. Walau berpuasa, jangan lupa untuk mengonsumsi 6 sampai 8 gelas air perhari di samping minuman berasa.

Tak hanya itu, dari pada memilih cemilan gorengan, lebih baik untuk makan makanan yang direbus maupun ditumis. Lalu, jangan lupa untuk tetap berolahraga. Olahraga yang bisa kamu lakukan adalah olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau yoga.

Sumber :

http://www.cosmopolitan.co.id/article/read/5/2018/14157/6-tips-menjaga-kesehatan-jantung-selama-puasa