Cegah Haus Selama Bulan Ramadan dengan Cara Ini

Merasa haus saat puasa memang menjadi hal yang wajar dan merupakan hal yang tidak bisa dihindari, Merasa haus sebenarnya sudah menjadi tanda bahwa tubuhmu dehidrasi. Hal ini terjadi karena jarangnya konsumsi air yang masuk dalam tubuh. Padahal menjaga asupan air itu penting, karena total air di dalam tubuhmu mencapai 60%.

National Academy of Science Institute of Medicine mengatakan bahwa beberapa fungsi penting air untuk tubuh adalah membawa nutrisi ke sel-sel, mengeluarkan zat tidak baik dari tubuh, dan juga berperan penting untuk proses pernapasan dan metabolisme energi.

Terdapat cara untuk menghitung jumlah asupan cairan yang dibutuhkan setiap hari. Untuk wanita dewasa membutuhkan 11 cup air setiap hari, sedangkan pria membutuhkan 15 cup. Ingat ukuran cup bukan gelas, karena ukuran gelas berbeda-beda. Satu cup sekitar 240ml, jadi jumlah rata-rata air yang dibutuhkan adalah 2,64 liter.

Menurut Melissa Majumdar seorang ahli diet di Center for Metabolic and Bariatric Surgery with Brigham Health dan spokesperson the Academy of Nutrition and Dietetics, cara terbaik untuk menghindari dehidrasi adalah dengan rutin minum air sepanjang hari. Walau jumlahnya sedikit, namun dilakukan secara konsisten. Sinyal pertama yang bisa menjadi tanda kamu kekurangan cairan adalah berkurangnya cairan air liur.

Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan cairan dengan minuman lainnya seperti susu, air berkarbonasi, teh, dan kopi. Namun ingat jangan jadikan minuman lain itu sebagai cairan utama karena dapat menimbulkan banyak penyakit. Ada baiknya untuk mengonsumsi buah dan sayuran juga yang mengandung banyak cairan seperti melon, stoberi, kubis, seledri, dan bayam.  

Sumber :

http://www.cosmopolitan.co.id/article/read/5/2018/14056/mudah-haus-saat-puasa-cegah-dengan-trik-minum-air-ini