Cegah Nyeri Badan Saat Puasa dengan Cara Ini

Nyeri otot, nyeri sendi, dan juga badan yang pegal bisa muncul kapan saja bahkan saat menjalani puasa Ramadan. Bukan hanya mengganggu aktivitas, rasa nyeri yang dirasakan bisa menjadi alasan untuk mendorongmu membatalkan puasa demi meminum obat.

Agar kamu tidak terganggu dengan rasa nyeri badan saat puasa, ada baiknya kamu mencegah hal tersebut dengan beberapa cara. Cara yang pertama adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka. Selama berpuasa, asupan air dan makanan menjadi berkurang dan menyebabkan elektrolit dalam tubuh menjadi tidak seimbang.

Untuk menjaga kestabilan elektrolit dalam tubuh maka perbanyaklah minum air, baik air putih, jus buah, ataupun minuman elektrolit saat sahur dan berbuka. Kamu juga bisa menambah asupan mineral dan vitamin dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Penting untuk diingat juga untuk menjaga postur tubuh dengan membiasakan diri untuk berdiri, berjalan, dan duduk dengan tegak. Saat duduk usahakan untuk tidak terlalu bungkuk ke depan, terlalu tegak, ataupun terlalu miring. Kamu bisa menggunakan bantal empuk di belakang punggung sebagai penahan tubuh.

Jangan lupakan untuk melakukan olahraga ringan, ini sangat berperngaruh untuk mencegah kambuhnya nyeri badan saat puasa. Lakukanlah olahraga ringan seperti jalan santai, bersepeda, atau yoga yang bisa kamu lakukan di sore hari. Selain memperhatikan posisi duduk, kamu juga harus memperhatikan posisi tidurmu. Posisi tidur yang salah bisa menyebabkan badan pegal dan sakit. Ada baiknya jika kamu tidur dengan posisi terlentang dengan bantal yang nyaman.

Sumber :