Daftar Sayuran yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Menurunkan kolesterol sering dikatakan sulit, namun sebenarnya jika kita mengetahui apa yang harus dikonsumsi hal tersebut akan mudah. Kadar koleterol yang tinggi bisa meningkatkan resiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Kolesterol merupakan zat lilin yang diproduksi oleh hati dan banyak terkandung dalam makanan seperti telur, daging, dan juga produk susu. Kolesterol juga merupakan faktor resiko utama terjadinya penyakit jantung.

Minyak nabati bisa menurunkan kolesterol namun dengan cara yang berbeda-beda berdasarkan jenis kandungan. Seperti serat laut air bekerja dengan cara mengikat prekursornya pada kolesterol di sistem pencernaan dan menariknya keluar dari tubuh sebelum masuk ke dalam sirkulasi.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung fitosterol tinggi juga bisa membantu menurunkan kolesterol total dan LDL. Cara fitosterol mengurangi kadar koleterol adalah dengan meningkatkan eksresi atau pembuangan kolesterol, menganggu proses pembentukan kolesterol dan mencegah kolesterol diserap oleh sistem pencernaan tubuh.

Berikut sumber nabati yang bisa menurunkan kolesterol :

  1. Biji-bijian. Kacang memiliki kandungan kaya serat laut air. Kacang membutuhkan waktu lama untuk dicerna, ini bisa membuatmu kenyang tahan lama dan bisa menurunkan berat badan.
  2. Sayuran. Sayur memiliki kandungan antioksidan dan serat tinggi namun rendah kalori. Sayuran yang memiliki kandungan pectin tinggi adalah wortel, terong, dan kentang.
  3. Alpukat. Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh dan juga serta yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut bisa menurunkan kadar LDL (kolesterol jakat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).
  4. Terong. Terong mengandung rendah kalori dan jga sumber serat larut air.
  5. Bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan senyawa allicin. Penelitian juga menunjukan jika bawang bisa menurunkan tekanan darah dan LDL.
  6. Kacang-kacangan. Semua jenis kacang memiliki kandungan protein, vitamin E, magnesium, kalium, dan juga mengandung fitosterol yang membantu menjaga tubuh agar tetap sehat.  Penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi 2 ons kacang sehari bisa menurunkan LDL sekitar 5%.
  7. Minyak nabati. Menggunakan minyak nabati seperti minyak kanola atau minyak bunga matahari sebagai pengganti mentega atau minyak goreng bisa membantu menurunkan LDL.

Sumber :

https://vivahealth.co.id/article/detail/13395/sayuran-penurun-kolesterol