Dampak Negatif Kurang Tidur bagi Otak Manusia

Manusia memang membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk kembali mengisi energi mereka dan menggunakannya di kemudian hari. Bahkan para ahli juga menjelaskan bahwa waktu tidur yang ideal untuk setiap orang adalah 6 hingga 8 jam setiap malamnya.

Tidur dengan rentang waktu 6 hingga 8 jam dapat membuat tubuh manusia lebih bugar dan terjaga kesehatannya. Tidur yang cukup juga dapat memungkinkan otak tetap terjaga dan mampu menyimpan memori yang ada dengan baik.

Seorang profesor ilmu saraf dan psikologi di University of California, Berkeley California, Mattew Walker mengungkapkan bahwa sangat penting bagi seseorang mendapatkan waktu tidur yang cukup. Kurang tidur dapat memengaruhi kesehatan otak dan meningkatkan risiko menurunnya kinerja otak.

Para ahli juga mengatakan bahwa jika semakin besar kurang waktu tidur seseorang, maka akan semakin besar potensi dirinya menderita Alzheimer dan demensia di usia muda. Penyakit lainnya yang disebabkan karena kurang tidur adalah penyakit jantung, obesitas, diabetes hingga perkembangan sel kanker yang lebih cepat.

Sistem kekebalan tubuh seseorang yang kekurangan tidur juga akan menurun drastis dan ini semakin menyebabkan mudahnya tubuh terserang berbagai penyakit, virus, maupun bakteri jahat. Maka dari itu, kamu sangat perlu memperhatikan dan memastikan memiliki waktu tidur yang cukup setiap harinya.

Sumber :

https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4003761/awas-ini-yang-terjadi-pada-otak-jika-kurang-tidur