Gunakan Obat Dokter ini untuk Mengatasi Amandel yang Membengkak

Amandel merupakan salah satu bagian sistem imun yang bekerja untuk melindungi tubuh dari serangan infeksi. Amandel ini berupa tonjolan daging di depan tenggorokan yang membengkak dan membesar. Amandel memang bukanlah penyakit yang berbahaya, namun sangat menyakitkan dan akan meradang jika tidak diobati.

Terdapat beberapa cara untuk menyembuhkan amandel, bisa menggunakan obat alami maupun obat dari dokter. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai penggunaan obat dokter untuk mengatasi amandel yang membengkak.

Obat jenis pertama yang bisa kamu konsumsi ketika amandel adalah antibiotik. Salah satu contohnya adalah penicillin. Obat ini biasanya diminum selama 10 hari penuh untuk membunuh bakteri penyebab penyakit. Obat yang diresepkan oleh dokter wajib untuk dihabiskan sesuai dengan aturan. Jika tidak, maka infeksi dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Obat jenis lainnya adalah acetaminophen dan ibuprofen, yang dapat membantu meredakan rasa sakit yang mengganggu. Namun pada acetaminophen atau yang lebih dikenal dengan paracetamol, ditujukan untuk menghilangkan rasa sakit ringan atau meredakan demam.

Sedangkan Ibuprofen sendiri lebih kuat dibanding paracetamol. Ibuprofen bekerja mengurangi hormon penyebab rasa sakit dan juga pembengkakan pada tubuh. Namun penggunaan obat ini tidak disarankan untuk diminum ibu hamil dan menyusui. Terkecuali jika dokter meresepkannya untuk meredakan amandek anda.  

Sumber :