Hindari Beberapa Penyebab Penyakit Kanker Lidah

Kanker memang merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, ini juga termasuk kanker lidah. Kanker lidah adalah jenis kanker yang masuk ke dalam kategori leher dan juga kepala. Penyakit ini sering terjadi pada orang dewasa karena beberapa faktor. Salah satunya adalah rokok.

Walau belum ada penelitian khusus yang bisa memastikan apa penyebab utama kanker lidah, namun terdapat beberapa penyebab yang mesti kamu hindari. Penyebab pertama adalah merokok. Walau tidak terjadi secara langsung dan membutuhkan waktu bertahun-tahun, namun ternyata 75% dari pasien kanker lidah adalah seorang perokok.

Penyebab lainnya adalah alkohol. Sekitar 70% penderita yang mengidap kanker lidah adalah orang yang mengonsumsi alkohol secara rutin. Peluang bagi seseorang untuk mengidap penyakit kanker lidah adalah 15 kali lipat lebih besar. Peneliti mengungkapkan bahwa asetaldehida yang dipecah dari alkohol dapat merusak DNA dan juga protein. Selain itu juga dapat merusak kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi (vitamin A, vitamin B, vitamin E, dan juga folat).

Tak hanya sampai situ, penyebab lainnya adalah karena Human Papilloma Virus (HPV). Ini bisa membuat mulut dan juga tenggorokan beresiko terkena penyakit kanker seperti kanker lidah. Sistem pertahanan tubuh yang lemah juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Kurangnya kosumsi buah dan sayur bisa membuatmu rentan terkena kanker lidah. Sebuah penelitian berjudul Role of Vitamin E in Prevention of Oral Cancer menemukan bahwa konsumsi vitamin E bisa berperan untuk mencegah munculnya kanker termasuk kanker lidah.

Sumber :