Ini yang Terjadi Pada Kesehatan Jika Anda Terlalu Sibuk

Terkadang masyarakat masih tidak bisa membedakan mana artian sibuk dan mana artian produktif. Terutama jika anda sedang dalam usia produktif, anda pasti merasa 24 jam dalam sehari itu kurang.

Meskipun usia anda masih muda, namun sebaiknya jangan terlalu sibuk. Karena banyak gangguan kesehatan yang mengintai orang yang terlampau sibuk seperti anda. Dilansir dari Verywell Mind mengatakan bahwa kedua kata tersebut berbeda.

Jika anda melakukan banyak hal dan banyak jadwal padat pada suatu hari namun tidak membuahkan hasil, maka itu dikategorikan sebagai sibuk. Sedangkan produktif lebih mengorientasikan pada hasil, tanpa harus mengorbankan banyak waktu.

Jika anda terlalu sibuk, maka anda harus waspada karena bisa berimbas pada kesehatan anda, baik kesehatan secara emosional maupun fisik. Dampak buruk bagi kesehatan emosional adalah gelisah, tertekan, kewalahan, merasa tidak mampu, merasa tidak pernah cukup, merasa bersalah, kesepian, marah, frustasi, dan juga putus asa.

Terlalu sibuk juga erat kaitannya dengan pola makan dan juga istirahat yang kacau. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa terlalu lama duduk karena sibuk bekerja bisa memperlambat metabolisme tubuh sehingga bisa meningkatkan akumulasi lemak dan gula darah.

Akan sangat berbahaya jika kesehatan emosional digabungkan dengan kesehatan fisik. Jika hal itu dibiarkan terjadi, anda akan merasa tidak nyaman dengan tubuh anda. Maka sayangilah diri anda dan perhatikan pola makan, pola istirahat, dan juga aktivitas fisik. Tentukan prioritas dan batasan, usahakan jangan terlalu sibuk dan temukan keseimbangan hidup.

Sumber :

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3622744/ini-yang-terjadi-pada-kesehatan-bila-anda-terlalu-sibuk