Jenis dan Waktu Terbaik untuk Melakukan Olahraga Saat Puasa

Saat berpuasa selama satu bulan penuh, sering kali membuatmu menjadi malas untuk berolahraga. Ini karena berolahraga saat puasa merupakan tantangan tersendiri karena harus sambil menahan lapar. Walau begitu, kamu perlu untuk tetap menjalankan aktivitas fisik agar tubuh tetap sehat.

Hal penting yang perlu diketahui adalah, berolahraga dengan keadaan perut kosong bukanlah hal yang baik. Walau bisa membakar lebih banyak lemak, namun berolahraga saat perut kosong bisa membuatmu lemas dan juga dehidrasi. Maka dari itu penting untuk diketahui jenis dan waktu tebaik untuk melakukan olahraga saat puasa.

Kalau tidak mengantuk, kamu bisa berolahraga sesaat setelah sahur. Pada waktu ini, tubuh telah mendapatkan energi yang dibutuhkan sehingga kamu bisa melakukan aktivitas fisik menjadi lebih maksimal. Pilihlah intensitas yang rendah seperti yoga, pilates, atau barre workout. Lakukan dengan durasi tidak lebih dari 45 menit.

Waktu lainnya yang bisa kamu pilih adalah sebelum berbuka. Kamu bisa mendapatkan kelebihan saat berpuasa di saat ini karena tidak perlu khawatir merasa dehidrasi dan lemas karena jarak waktu yang dekat dengan berbuka.

Hal yang perlu diingat adalah jangan melakukan olahraga yang berat saat akan berbuka. Lakukan olahraga seperti jogging, bersepeda, maupun skipping. Durasi ideal yang bisa dilakukan adalah 60 menit. Jika ingin memilih aktivitas fisik yang lebih menyenangkan, maka kamu bisa mencoba ballroom dancing atau bermain bowling.

Sumber :

http://www.cosmopolitan.co.id/article/read/5/2018/14143/ternyata-ini-waktu-terbaik-untuk-olahraga-saat-puasa