Kebiasaan Buruk yang Bisa Mengganggu Sistem Pencernaan Tanpa disadari

Menjaga kesehatan pencernaan memanglah penting, apalagi jika kamu salah satu yang memiliki gangguan kesehatan seperti maag dan penyakit lainnya. Banyak tips kesehatan yang telah kamu lakukan dan juga mengunjungi dokter tetap membuatmu mengalami gangguan pencernaan. Kenapa bisa ya?

Dilansir dari Bustle, ternyata terdapat beberapa kebiasaan sederhana yang memberikan dampak buruk untuk kesehatan pencernaanmu. Yang pertama adalah mengonsumsi makanan mentah. Para ahli gizi mengatakan bahwa makanan mentah, makanan yang kaya serat, dan makanan mengandung protein tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh.Terlalu banyak mengonsumsi banyak jenis makanan dalam sehari bisa memicu gangguan pencernaan.

Kebiasaan lainnya adalah minum obat tanpa resep dokter. Mengonsumsi obat yang mengandung ibuprofen maupun obat yang bersifat non-steroid anti-inflamasi secara rutin dapat merusak lapisan usus. Para ahli menyarankan untuk mengurangi konsumsi obat-obatan ketika mengalami masalah sakit kepala ringan. Kebiasaan mengunyah permen karet juga kurang baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan gula dan pengganti alkohol gula memiliki efek samping pencernaan seperti kembung, gas, kram, diare, dan menghambat pertumbuhan bakteri usus.

Kebiasaan buruk lainnya adalah pola diet yang terlalu ketat. Ini bisa memicu kecemasan dan berpotensi menimbulkan gejala disorder eating. Para ahli menyebutkan bahwa lambung dan otak memiliki hubungan dan ini disebut dengan pencernaan otak. Maka penting untuk menjaga pola makan. Kurangnya konsumsi air menaral juga bisa menjadi penyebab. Ini karena usus membutuhkan air untuk menjaga agar sisa makanan bisa mengalir lancar.

Mengonsumsi suplemen secara berlebihan juga bisa memberikan dampak buruk. Mengonsumsi makanan probiotik juga bisa menyebabkan munculnya bakteri terlalu banyak pada bagain pertama dalam usus. Ini bisa menyebabkan rasa kembung dan lambung yang terasa tidak nyaman. Perhatikan juga jam tidurmu. Jika memiliki jam tidur yang selalu berubah-ubah, ini bisa berdampak pada kesehatan pencernaan. Keseimbangan bakteri dalam usus disebablan oleh jadwal tidur yang teratur. Maka penting untukmu mengatur dan menjaga jadwal tidur serta menjalani secara konsisten.

Sumber :

https://www.popbela.com/beauty/health/dinalathifa/gangguan-sistem-pencernaan/full