Kenali Berbagai Hoaks Mengenai Kesehatan Agar Tidak Tertipu

Semakin majunya teknologi terutama hadirnya internet dan juga media sosial, semakin membuat kita mudah untuk emngakses sebuah informasi. Namun kabar palsu atau hoaks semakin menjamur di Indonesia.

Dilansir dari Antara, survey dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyebut bahwa hoaks paling banyak tersebar adalah mengenai kesehatan. Ini sangat penting untuk mengenali hoaks kesehatan yang menyebar di masyarakat agar tidak ikut-ikutan tertipu.

Berikut beberapa hoaks kesehatan yang masih beredar di masyarakat.

  1. Vaksin pasti aman dan hanya vaksin yang bisa mencegah penyakit. Faktanya, vaksin memang merupakan hadiah terbesar di bidang kesehatand an ilmu pengetahuan untuk mencegah penyakit, namun vaksin bukan satu-satunya solusi. Penggunaan vaksin berlebihan tanpa anjuran bisa membahayakan.
  2. Fluoride pada air minum bisa menurunkan risiko gigi berlubang. Walau benar, namun fluoride yang dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan masalah kesehatan dan gigi. Bahkan bisa menyebabkan fluorosis gigi, penurunan IQ, dan juga merusak tiroid.
  3. Matahari bisa menyebabkan kanker kulit. Faktanya, sinar matahari akan menghasilkan perlindungan untuk kulit dengan memberikan vitamin D yang berperan sebagai antigen dan bisa melindungi kulit dari kanker.
  4. Lemak jenuh bisa menyebabkan sakit jantung. Faktanya, lemak jenuh yang berasal dari hewan ataupun sayur sangat bergizi dan berfungsi untuk membangun membrane sel dan juga hormone sehingga tubuh bisa bekerja dengan baik. Lemak jenuh juga merupaka bahan bakar bagi jantung yang bisa dikonvesi dari karoten menjadi vitamin A.
  5. Kedelai adalah makanan sehat. Faktanya kedelai organi dan kedelai fermentasi memiliki keuntungan bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam porsi yangs sesuai.
  6. Minum air 8 gelas sehari. Menjaga tubuh agar tidak dehidrasi memang penting, namun terlalu banyak juga bisa membahayakan tubuh. Jumlah air yang diminum harus disesuaikan dengan kebutuhan tiap orang.
  7. Vitamin C bisa mengatasi flu. Faktanya vitamin C berfungsi untuk perlindungan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Ini tidak ada kaitannya langsung dengan vitamin C bisa mengatasi flu.

Sumber :

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3622261/kenali-berbagai-hoaks-kesehatan-agar-anda-tak-tertipu