Kenali Macam-Macam Penyebab Sakit Kepala

Sakit kepala bisa terjadi oleh siapapun dan juga pada usia berapa pun. Penyebab sakit kepala juga bukan merupakan suatu penyakit yang serius, beberapa kasus dapat disebabkan oleh kondisi yang darurat. Umumnya sakit kepala bisa disebabkan oleh aktifitas yang sedang dilakukan atau kondisi yang dialami saat itu.

Beberapa pemicu sakit kepala bisa disebabkan oleh dehidrasi. Biasanya gejala dehidrasi juga diikuti dengan berkeringat, mual, atau merasa sangat haus. Sinar dari layar handphone,komputer, atau televisi bisa membuat mata tegang dan membuat sakit kepala.

Selain itu telat makan, kurang tidur, pengaruh hormon, postur tubuh, kurang berolahraga, stress, atau suara nyaring atau berisik. Tidak hanya itu, terdapat juga sakit kepala primer. Sakit kepala primer ini disebabkan oleh gangguan pada saraf, pembuluh darah, atau senyawa kimia yang memicu sinyal rasa sakit diotak.

Salah satu penyebab sakit kepala primer adalah adanya tegang pada kepala. Ini biasanya terhadi sesekali dalam seminggu, ini bisa terjadu dalam waktu yang lama atau sering. Lalu ada migrain yaitu nyeri kepala hanya di satu sisi. Ini biasanya diikuti oleh mual dan muntah. Selain itu ada sakit kepala dengan pola, pada satu sisi kepala biasnaya di sekitar mata dan bisa menjalar bagian leher dan bahu.

Sakit kepala sekunder juga bisa terjadi. Ini karena kondisi kesehatan tertentu, cedera, atau efek samping terapi pengobatan. Kondisi yang menyebabkan sakit kepala ini seperti tekanan darah tinggi, infeksi pada otak seperti meningitis atau sinusitis, pendarahan atau pembengkakan pada pembuluh darah di otak, peningkatan cairan pada otak (hidrosefalus), dan juga tumor otak.

Sumber :

https://vivahealth.co.id/article/detail/13415/kenali-penyebab-sakit-kepala