Kenali Penyebab Kamu Sulit untuk Berkonsentrasi

Kamu pasti pernah dan mungkin saja sering merasakan sulit untuk mengerahkan segala perhatianmu saat mengerjakan suatu hal. Ini merupakan salah satu tanda dari sulitnya untuk berkonsentrasi. Selain mengganggu aktivitas, sulit konsentrasi juga berdampak pada kesehatan.

Lalu apakah penyebab kamu sulit untuk berkonsentrasi? Simak artikel berikut ini.

  1. Kurang tidur. Tubuhmu idealnya membutuhkan waktu istirahat selama delapan jam setiap hari. Jika tidak mendapatkan istirahat yang cukup, daya tahan tubuh akan cepat menurun dan ini bisa membuat mood mu menjadi buruk. Otak juga terkena dampak karena kamu jadi sulit untuk berkonsentrasi karena kurangnya waktu istirahat.
  2. Kurang olahraga. Jarang berolahraga membuat aliran darah menjadi kurang lancar dan oksigen dalam tubuh menjadi kurang maksimal mengalir ke otak. Rutinlah untuk berolahraga agar otakmu bisa mendapatkan suplai oksigen yang cukup.
  3. Terlalu sering multitasking. Mengerjakan banyak hal dalam satu waktu memang bagus karena bisa mempersingkat waktu yang dimiliki. Namun terkadang hal ini bisa membuat kamu sulit untuk berkonsentrasi. Fokus mu akan terpecah dan pekerjaan juga akan terbengkalai.
  4. Pola makan kurang sehat. Makanan cepat saji bisa menyebabkan obesitas dan juga membuatmu malas untuk bergerak. Padahal dengan tubuh yang aktif, kamu bisa lebih maksimal dalam bekerja. Gantilah menu makananmu menjadi makanan yang bergizi.
  5. Stres berlebihan. Stres bisa mengambil alih fungsi kognitif otak, ini membuat kamu sulit untuk fokus.
  6. Dalam pengaruh obat. Beberapa obat seperti anti-depresan bisa membuat mood dan juga konsentrasi otakmu menurun saat berhenti dikonsumsi. Obat dengan kandungan antihistamin juga bisa menyebabkan kantuk dan ini berdampak pada otak yang sulit berkonsentrasi.

Mulailah untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti berhenti mengonsumsi makanan cepat saji, rutin berolahraga, lalu lakukan juga relaksasi diri jika dirasa kamu mulai stress.

Sumber :

https://www.popbela.com/beauty/health/jennifer-a-tanjung/penyebab-susah-konsentrasi/full