Ketahui Jenis dan Juga Sejuta Manfaat Sawi

Sawi merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat dan juga sering kita temui di pasar tradisional maupun swalayan. Sawi menjadi salah satu sayuran populer karena mudah dalam mengolahnya menjadi berbagai jenis masakan seperti tumisan, sayuran berkuah, atau untuk asinan.

Berdasarkan klasifikasinya sawi masuk ke dalam genus Bassica dengan family sayuran cruciferous dimana masih satu famili dengan macam kubis-kubisan yang mengandung senyawa antikanker.

Sawi sendiri memiliki banyak jenis yang perlu kamu ketahui agar tidak salah dalam menyebutkannya.

  1. Sawi putih. Sawi putih juga dikenal dengan nama petsai atau sawi cina, dimana lebih mudah dikenali daripada sawi jenis lainnya. Nama latin petsai sendiri adalah Brassica rapa group pekinensis. Sawi putih memiliki daun dengan warna gradasi, dimana bagian bawahnya berwarna hijau keputihan dan bagian atasnya berwarna hijau terang.  
  2. Sawi hijau. Sawi hijau memiliki nama ilmiah Brassica rapa cv. group caisin, atau biasa disebut dengan sawi bakso karena sering melengkapi bakso. Daun dan batang sayuran ini berwarna hijau keputihan dan juga tulang daunnya semakin mengecil dengan warna senada.
  3. Pok choy. Sawi jenis ini memiliki nama latin Brassica rapa group chinensis, dimana saturan ini memiliki bentuk mirip caisin. Pok choy juga memiliki ukuran lebih pendek dan kecil. Batangnya memiliki warna hijau keputihan dan juga lebih lebar. Sayuran ini juga lebih kaku dibandingkan caisin.
  4. Kailan. Sawi jenis ini juga jarang dikenal dan juga lebih dikenal dengan nama pok choy.  Cara melafalkannya juga berbeda dnegan penulisan namanya, yaitu ‘gailan’. Gailan ini memiliki warna yang lebih gelap seperti brokoli. Batangnya juga lebih mirip dengan kangkung.

Menurut laporan Journal of Human Research dan Food and Helath Innovation Service, sawi memiliki manfaat seperti meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan jantung, dan juga bisa melawan infeksi. Kandungan isotiosianat dan sulforanara memiliki sifat antikanker.

Sumber :