Ketahui Manfaat Bayam Merah yang Perlu Kamu Ketahui

Masyarakat memang lebih mengenal bayam berwarna hijau daripada bayam berwarna merah. Walau tidak populer, bayam merah memiliki sejuta manfaat yang baik untuk tubuh.

Bayam merah memiliki nama ilmiha Blitum rubrum dan juga masuk ke dalam varietas Amaranthus tricolor. Manfaat bayam merah sudah terbukti oleh banyak penelitian, tetapi tetap juga membutuhkan penelitian lanjutan guna memastikan manfaat.

  1. Kadar hemoglobin menjadi meningkat. Hemoglobin merupakan salah satu protein kaya zat besi yang memberikan warna merah pada darah. Protein ini mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, terutama paru-paru. Rutin mengonsumsi bayam merah bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Jurnal e-Biomedik (eBM) pada 2014 menyatakan bahwa meminum perasaan bayam merah bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.
  2. Kolestrol dan gula darah lebih terkendali. Untuk seseorang pengidap diabetes, bayam merah bsa menjadi asupan makanan yang baik. Studi mengatakan bahwa bayam merah memiliki potensi alami sebagai antidiabetes, antihiperlipimedik, dan antioksidan. Ini semua didapat dari kandungan ranin dan juga polifenol. Kandungan ini bisa mengontrol kadar kolesterol dan trigliserida.
  3. Memiliki kandungan antioksidan tinggi. Penelitian meyatakan bahwa bayam merah memiliki kandungan antioksidan polifenol yang tinggi. Ini bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Saat mengolah bayam merah, ada baiknya kamu menghindari penggunaan minyak karena tekstur sayuran ini lebih mirip dengan spons. Penggunaan minyak berlebih bisa membuat bayam merah menumpuk kalori. Maka dari itu disarankan untuk mengolahnya dengan benar.

Sumber :