Ketahui Penyebab Leher Bengkak yang Tidak Boleh diremehkan

Jika lehermu tiba-tiba terasa bengkak dan muncul benjolan, maka kamu tidak boleh meremehkannya begitu saja. Ini karena pembengkakan di bagian leher bisa menjadi tanda masalah kesehatan tertentu. Leher bengkak ini memiliki berbagai macam seperti benjolan keras atau kadang berpindah-pindah jika disentuh.

Benjolan juga bisa muncul pada bagian permukaan leher maupun bagian dalam leher. Banyak yang mengaitkan bahwa pembengkakan leher disalahartikan dengan penyakit mematikan. Namun, tidak semya penyebab dari bengkak di leher adalah kondisi berbahaya. Berikut beberapa kondisi yang bisa menyebabkan leher menjadi bengkak.

  1. Infeksi Mononukleus. Infeksi ini disebabkan oleh virus Epstein-barr (EBV). Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat (CDC) menyatakan bahwa EBV adalah salah satu jenis virus herpes. Virus ini bisa ditularkan melalui air liur maupun cairan dalam tubuh orang yang terinfeksi.
  2. Penyakit gondok. Kondisi dari penuakit ini disebabkan oleh timbulnya benjolan pada kelenjar tiroid. Penyakit gondok juga bisa disebabkan oleh berbagai macam kesehatan lainnya seperti eutiroid, hipotiroid, dan hipertiroid.
  3. Nodul tiroid. Kondisi ini menyebabkan timbulnya benjolan pada kelenjar tiroid. Kelenjar ini bisa bertekstur keras, berbentuk cairan, maupun lunak.
  4. Gondong. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui saliva, ingus, dan juga kontak fisik lainnya. Biasanya kondisi ini menyerang kelenjar ludah yang memproduksi air ludah atau saliva.
  5. Kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening ini biasanya membengkak karena adanya infeksi dan juga reaksi dari pengobatan hingag respon stress. Pembengkakan juga bisa terjadi karena adanya kanker atau penyakit yang berkaitan dengan autoimun.
  6. Kanker tiroid. Kanker ini bisa muncul disebabkan oleh sel normal pada kelenjar tiroid berubah menjadi tidak normal dan mulai tumbuh di luar kendali.  Gejalanya bisa terlihat dari tenggorokan, nyeri di tenggorokan, batuk, susah menelan, dan pembengkakan getah bening pada leher.

Jika kamu mulai mengalami gejala-gelaja yang sudah dipaparkan di atas, maka ada baiknya untuk kamu mengeceknya ke dokter. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Sumber :