Ketahui Penyebab Stress yang Tidak Kamu Sadari

Banyak sekali penelitian yang mengatakan bahwa salah satu kunci hidup sehat adalah dengan hidup bahagia dan yang terpenting adalah menghindari stres. Terkadang stres memang tidak bisa dihindari, karena bisa menghampiri tanpa mengenal usia dan gender.

Jangan sampai menunggu hingga stres berkepanjangan menghampirimu. Sebelum mengambil langkah lebih lanjut, maka ketahuilah penyebab stres tidak kamu sadari. Beberapa penyebabnya akan dijelaskan pada artikel ini, simaklah terus.

Penyebab stres yang pertama adalah pola tidur yang tidak teratur sehingga kualitas tidur menurun. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa seseorang tak memiliki waktu tidur yang berkualitas bisa menyerang bagian otak dan menyebabkan stres. Tak kalah penting, pola makan yang tidak teratur juga bisa membuat stres. Ini akibat kondisi gula darah yang tidak stabil yang bisa menimbulkan rasa cemas dan stres secara mendadak.

Terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein juga bisa menjadi penyebab stres. Kafein juga bisa membuat jantung berdebar dan menimbulkan rasa cemas yang membuat terus terjaga, hal ini secara tidak langsung membuatmu stres. Selain membuat matamu rusak, terlalu sering berada di depan layar juga menjadi penyebab dirimu stres. Faktor lainnya yang bisa membuatmu stres adalah kurangnya bersosialisasi. Dengan bersosialisasi, membagikan apa yang kamu rasakan dengan orang sekitarmu sehingga beban pikiran bisa menjadi lebih ringan.

Bagi sebagian orang, melakukan hal monoton  bisa menjadi hal pemicu stres. Bagi kamu yang tidak suka hal monoton, variasikanlah kegiatanmu dengan hal yang menyenangkan. Bekerja terlalu keras bisa membuatmu menjadi rentan stres ini karena kamu terbiasa melewatkan jam makan, mengurangi waktu tidur, dan menjadikanmu terlalu fokus pada pekerjaan hanya bisa membuat stres.

Sumber :

https://www.popbela.com/beauty/health/vidya-tarigan/penyebab-stres/full