Lakukan Gerakan Ini dalam 7 Menit Bisa Menjaga Berat Badan

Laporan jurnal dari American College of Sports Medicine’s Health & Fitness mengatakan bahwa latihan bodyweight merupakan cara yang tepat untuk menurunkan berat badan. Kamu akan segera merasakan metabolisme tubuhmu akan membaik setelah 72 jam melakukan latihan ini.

Yang membuat ini lebih menarik adalah hanya dilakukan dalam 7 menit dan juga hanya memerlukan kursi, dinding, dan niat yang kuat.

  1. Setelah pemanasan, mulai dengan Jumping Jacks. Lakukanlah lompatan-lompatan kecil, selagi kamu berada di udara maka rentangkanlah kaki selebar baru dan juga angkat kedua tangan ke atas. Lakukan gerakan ini 15-20 kali dalam 30 detik.
  2. Lakukan Wall Sit dalam 10 detik. Bersandarlah dengan rapat dari kepala hingga tumit ke tembok, lalu dengan perlahan tekutlah lutut sambil menurunkan tubuh bagian atas sambil meluncur.
  3. Lanjutkan dengan Push-Up. Lakukan push-up basic selama 30 detik, lebih baik dilakukan jika lebih dari 15 kali.
  4. Lakukan Abdominal Crunch. Gerakan ini mirip dengan sit up. Bedanya kamu hanya harus mengangkat punggung bagian atas dari lantai. Lakukan 15-20 dalam 30 detik.
  5. Gunakan kursi untuk Step-up. Ambil kursi yang kuat, lalu berdirilah dihadapan kursi, mulai dengan menapakkan kaki kiri ke atas kursi sementara kaki kanan masih di lantai. Saat memindahkan beban tubuh, naik sepenuhnya ke atas kursi. Lalu turun dimulai dengan kaki kanan. Lakukan berulang hingga 30 detik secara bergantian.
  6. Lakukan Squat. Ciptakan sudut mendekati 90 derajat pada lutut. Punggung tidak boleh bungkuk. Lakukan Squat berulang hingga 15-20 kali dalam 30 detik.
  7. Lakukan Plank. Ambil posisi push up seperti biasa, lalu tekuk siku hingga 90 derajat dan bertumpu pada lengan depan. Lakukan selama 2 menit, namun untuk latihan intens cukup 30 detik.
  8. Lanjutkan dengan lari di tempat dengan lutut diangkat tinggi. Angkat lututmu setinggi pinggang.
  9. Lakukan Lunge dengan berlutut dengan satu kaki.
  10. Akhiri sesi latihan dengan melakukan Side Plank. Rebahkan tubuh di sisi kiri tubuh dengan lutut sejajar lurus. Gunakan siku dan lengan untuk mengangkat badan kamu. Tahan posisi hingga 30 detik.

Sumber :