Lakukan Hal ini Agar Bangun Pagi Terasa Lebih Mudah

Bangun pagi memang bisa terasa memberatkan bagi sebagian orang. Padahal dengan bangun pagi, bisa membuatmu lebih sehat dan bahagia. Jika kamu temasuk salah seorang yang sulit untuk bangun pagi, maka simaklah beberapa tips di bawah ini.

Hal pertama yang perlu kamu coba adalah niat. Carilah motivasi maupun alasan kuat yang bisa membuatmu bangun pagi. Ini bisa karena aktivitas yang akan kamu lakukan karena terdapat pekerjaan baru, ingin berolahraga pagi, ataupun ingin bersih-bersih rumah. Alasan-alasan ini bisa menjadi salah satu cara efektif untuk membuatmu semangat bangun pagi.

Cara kedua adalah hindari kebiasaan  begadang. Jika kamu kesulitan untuk tidur, maka jauhkanlah ponselmu karena bisa membuatmu semakin susah tidur. Sebagai gantinya, kamu bisa membaca buku dengan pembahasan yang berat maupun mendengarkan musik klasik penghantar tidur.

Tips ketiga adalah mulai dengan perlahan. Kebiasaan untuk bangun lebih pagi tidak bisa dilakukan begitu saja dengan drastis. Cobalah untuk bangun 15-20 menit lebih awal dari jadwal biasanya di minggu pertama. Jika di minggu pertama  berhasil, maka di minggu kedua kamu bisa mencoba bangun 1 jam lebih awal. Lalu jika berhasil lagi, kamu bisa melakukan hal ini sampai kamu mencapai waktu pagi yang kamu inginkan.

Langkah lainnya adalah buat suasana kamarmu nyaman. Coba periksa apakah kamarmu berantakan, kualitas kasur dan seprai, suhu kamar, maupun area tidur yang berisik. Hal-hal ini bisa mempengaruhi dan membuatmu sulit untuk tidur. Agar kamu bisa cepat tidur, maka susun dan tatalah kamarmu dengan baik. Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah hindari makan berat sebelum tidur.

Sumber :