Lakukan Hal Ini untuk Mencegah Rasa Malas Muncul

Perasaan memang wajar muncul bagi kehidupan manusia, namun terkadang rasa malas muncul akibat disengaja dengan tidak melakukan kegiatan yang sebenarnya bisa dilakukan. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti kurangnya motivasi, masih memiliki waktu luang, dan aktivitas yang dilakukan terlalu membosankan.

Dilansir dari Psychology Today, kebanyakan orang melakukan aktivitas dalam waktu panjang dan tidak langsung memberikan dampak positif, dianggap menyakitkan. Contohnya seperti melakukan sebuah pekerjaan yang memiliki imbalan tidak pasti.

Namun, ternyata terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan juga menghilangkan rasa malas. Cara pertama adalah dengan membuat target yang bisa diperoleh. Biasanya, tujuan yang tidak realistis bisa membuatmu kewalahan dan cenderung memadamkan semangat dan keinginan anda untuk bekerja. Usahakan untuk membuat tujuan yang kecil terlebih dahulu agar dapat mencegah rasa malas timbul.

Yang kedua adalah jangan mengharapkan kesempurnaan. Sebuah penelitian pada 2017 mengatakan bahwa mahasiswa di antara tahun 1989 dan 2016 terjadi peningkatan perfeksionisme selama bertahun-tahun. Ini karena lingkungan yang lebih kompetitif. Harapan yang tidak relistis malah menimbulkan depresi dan juga rasa malas yang lebih tinggi.

Langkah selanjutnya adalah menyusun rencana dan menghargai setiap prosesnya. Ini bisa memberikan dampak positif bagi dirimu. Jika dirasa pekerjaanmu terlalu berat, maka jangan ragu untuk meminta bantuan kepada orang lain. Jangan lupa juga untuk menutrisi tubuhmu dengan makanan yang bergizi seperti almond, salmon, ayam, pisang, yogurt dan juga air mineral.

Sumber :