Lakukan Tips ini Agar Tubuh Tidak Lemas Saat Puasa

Saat berpuasa, tubuhmu biasanya akan terasa lemas dan juga tidak berenergi. Sering sekali terjadi di siang hari, di saat seharusnya dirimu lebih produktif. Namun tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tubuhmu tidak lemas saat berpuasa.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan saat pagi hari adalah mengatur menu makan sahur. Dengan konsumsi makanan yang tepat, bisa membantu menjaga energi selama berpuasa. Disarankan untuk makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum atau beras merah. Ini karena karbohidrat kompleks lebih lama dicerna, sehingga kenyang lebih lama.

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah menjaga asupan cairan. Jika tubuhmu kekurangan cairan, maka kamu akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini bisa membuatmu sulit berkonsentrasi. Aturlah asupan cairanmu dengan minum minimal delapan gelas setiap hari.

Bukan hanya itu, biasanya kamu merasa lemas karena kurangnya waktu tidur. Tidur selama delapan jam adalah hal yang penting untuk menjaga energi, kesehatan, emosi, dan juga mood. Berpuasa juga bukan alasan untuk tidak berolahraga, olahraga justru dapat menjaga metabolism dan energi tubuh. Olahraga juga bisa memancing hormon endorphin yang bisa membuatmu lebih bahagia dan bersemangat.

Lalu tips selanjutnya, berbukalah dengan sesuatu yang manis namun tetap rendah gula. Dengan mengonsumsi makanan yang manis, ini bisa menaikkan kembali gula darah dan juga energimu setelah seharian berpuasa. Namun jika berlebihan, malah membuat gula darah tidak stabil. Pilihlah makanan manis seperti kurma, madu, dan juga buah-buahan.

Sumber :

http://www.cosmopolitan.co.id/article/read/5/2017/12111/tips-agar-tubuh-tidak-cepat-lemas-saat-puasa