Langkah Jitu Menghilangkan Rasa Kantuk saat Bekerja

Terkadang bagi sebagian orang 24 jam tidaklah cukup akibat kesibukan yang dimiliki. Kesibukan ini membuat banyak orang kekurangan waktu untuk tidur. Hal ini berdampak pada penurunan produktivitas saat bekerja. Terdapat beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa mengantuk saat bekerja.

Langkah pertama adalah dengan meluangkan waktu sejenak untuk tidur siang atau yang dikenal dengan power nap. Disarankan untuk melakukan tidur siang ideal selama 15-20 menit. Jika kurang dari waktu tersebut, tubuh tidak akan memperoleh manfaatnya. Jika lebih dari waktu tersebut, maka tubuhmu akan terasa lesu dan semakin mengantuk.

Cara efektif lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan bergerak. Cobalah untuk beranjak dari tempat duduk dan berjalan mengitari lingkungan kantor selama 10 menit. Berjalan kaki bisa memicu jantung untuk memompa banyak darah yang kaya akan oksigen menuju pembuluh darah, otot, dan juga otak.

Kamu juga bisa mencoba dengan mengonsumsi camilan sehat. Kurangilah konsumsi kpi dan makanan manis karena bisa menurunkan kualitas tidur. Contoh camilan yang bisa kamu konsumsi adalah yogurt dengan campuran kacang, biskuit gandum dengan keju rendah lemak, buah-buahan, dan cokelat hitam tanpa penambah pemanis.  

Teknik pernapasan juga dinilai efektif untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, memperlambat detak jantung, dan meningkatkan aliran darah. Hal ini bisa berdampak baik bagi tubuh karena meningkatkan energi dan performa kerja. Yang tak kalah penting adalah dengan meningkatkan kualitas tidur. Saat malam, batasilah aktivitas yang melibatkan peralatan teknologi seperti ponsel, laptop, maupun TV. Usahakan tubuh mendapatkan tidur malam selama 7 jam.

Sumber :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/menghilangkan-ngantuk-saat-kerja/