Lebih Sehat Tidur Menggunakan Bantal atau Tidak Ya?

Setiap manusia memiliki keunikan dan selera yang berbeda-beda, termasuk ketika tidur. Terdapat orang-orang yang suka menggunakan bantal, dan ada juga yang tidak. Lalu, dari segi kesehatan, manakah yang lebih sehat? Menggunakan bantal atau tidak ya?

Terdapat sebuah studi yang diterbitkan pada sebuah jurnal bernama Physiotherapy Canada yang mengamati efek dari tidur menggunakan bantal dan juga tidak. Dari 1.600 partisipan, mereka diminta untuk tidur dengan 5 bantal atau tidak sama sekali. Hasilnya, 50% lebih orang-orang memilih tidak tidur dengan bantal karena pilihan dan kualitas bantal yang buruk sehingga tidak membuat mereka nyaman. Berdasarkan studi yang sama, orang yang tidur menggunakan bantal karena terbiasa tidur dengan bantal.

Menggunakan bantal yang tidak nyaman memang bisa memberikan beberapa efek negatif seperti lelah dan mengantuk keesokan harinya. Awal penggunaan bantal sendiri digunakan oleh bangsa Mesir kuno. Mereka menggunakan batu untuk mencegah masuknya serangga ke telinga. Dinasti China juga melakukan hal yang sama, namun tujuannya agar rambut mereka tetap rapi.

Jadi mana yang lebih sehat? Jawabannya adalah sehat atau tidaknya tergantung pada kenyamanan. Jika menggunakan bantal dapat meningkatkan kualitas tidur, maka gunakanlah bantal. Namun jika menggunakan bantal malah mengganggu kualitas tidur, maka tidak perlu memaksakan. Temukanlah posisi senyaman mungkin agar bisa tidur dengan nyenyak.

Bagi beberapa orang yang memiliki maslaah kesehatan tertentu seperti sleep apnea, GERD (gastroesophageal reflux disorder), dan nyeri leher, bantal sangat diperlukan. Ini karena penyakit tersebut sering mengganggu tidur.

Sumber :