Manfaat Penggunaan Masker Mulut Ketika Berada di Luar Ruangan

Udara yang kita hirup saat ini memang sudah dipenuhi dengan polusi dan tidak sedikit orang yang terpapar penyakit karenanya. Inilah yang membuat penggunaan masker mulut dirasa wajib. Walau masker mulut bisa membuat napas menjadi tidak bebas dan pengap, namun kamu juga harus mengetahui segudang manfaat yang dimilikinya.

Mengapa penggunaan masker mulut di luar ruangan dirasa penting? Yang pertama, ini karena penggunaan masker mulut bisa mencegah infeksi menular. Misalnya ketika menderita influenza atau batuk, penggunaan masker bisa meminimalisir penularan virus dan juga infeksi tersebut.

Manfaat lainnya adalah menjaga paru-paru dari polusi. Masker bisa menyaring udara kotor yang ada, apalagi bagi kamu yang sering mengendarai motor. Penggunaan masker bisa meminimalisir permasalahan iritasi jaringan rongga hidung, asma, penyakit serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Menggunakan masker mulut saat bepergian ke luar juga bisa menghalangi wajah agar tidak terpapar sinar matahari saat berkendara. Efek buruk yang bisa didapat jika sering terpapar sinar matahari adalah dehidrasi, kulit kemerahan, kulit kering, dan juga timbulnya rasa gatal pada wajah.

Masker mulut memang bisa mencegah bakteri dan polusi tersebar ke tubuh kita, namun ini dalam kondisi penggunaan yang benar. Maka jika kamu menggunakan masker sekali pakai, ada baiknya untuk menggantinya ketika sudah terasa lembab. Masker yang dilakukan untuk berkendara juga hanya boleh digunakan maksimal 8 jam.  Ketika membuang masker, jangan lupa untuk segera mencuci tangan.

Sumber :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/pakai-masker-mulut-saat-bepergian/